Analisis Pengaruh Online Customer Review, Influencer Review dan Trust Terhadap Minat Beli Pada Produk Skincare Varian Serum Elsheskin

GHIA DZAKIYYAH RAZAN

Informasi Dasar

22.04.1497
658.84
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Indonesia merupakan negara yang berpotensial untuk industri kecantikan, termasuk perawatan kulit atau skincare yang sedang menjadi topik perbincangan yang ramai dibahas oleh masyarakat. Penyebabnya yaitu masyarakat di Indonesia menginginkan wajah yang glowing tanpa memakai kosmetik, serta ingin mencegah penuaan dini. Dengan menggunakan skincare, dianggap sebagai cara untuk penyembuhan kulit dan hal ini turut mempengaruhi popularitas dari skincare. Rangkaian skincare yang sedang banyak peminatnya salah satunya yaitu serum yang merupakan produk skincare yang menjadi tren di Indonesia sejak tahun 2020. Salah satu perusahaan yang memproduksi skincare varian serum yaitu Elshéskin, pada tahun 2020 Elshéskin dinobatkan sebagai best serum di ajang penghargaan female daily best of beauty awards.

  Dengan ini maka, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh online customer review, influencer review dan trust terhadap minat beli serum Elshéskin.

 Untuk dapat mencapai tujuan penelitian tersebut, metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan penyebaran kuesioner secara online melalui google form kepada  peminat serum Elshéskin, responden yang dibutuhkan yaitu sebanyak 385 orang yang ada di Indonesia. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan software SmartPLS.

Hasil analisis pada penelitian ini menunjukan bahwa variabel online customer review memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel trust,variabel influencer review memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel trust. Lalu variabel trust memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel minat beli. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa variabel online customer review memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap varibel minat beli, influencer review memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel minat beli. Maka dapat diberikan kesimpulan bahwa hubungan antara variabel memiliki pengaruh yang positif dan signifikan.

Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh pihak perusahaan Elshéskin sebagai bahan untuk mengevaluasi produk-produknya dan juga bisa mendengarkan atau membaca ulasan dari influencer maupun customer terkait ulasan positif dan negatif terkait produk mereka agar dapat meningkatkan kualitas produknya.

 

Kata Kunci: Online Customer Review, Influencer Review, Trust, dan Minat Beli

Subjek

BUSINESS MARKETING
 

Katalog

Analisis Pengaruh Online Customer Review, Influencer Review dan Trust Terhadap Minat Beli Pada Produk Skincare Varian Serum Elsheskin
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GHIA DZAKIYYAH RAZAN
Perorangan
Achmad Manshur Ali Suyanto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 MBTI
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • SI131014 - BUSINESS MANAGEMENT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini