Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi besar pada sektor pariwisata. Peningkatan jumlah kunjungan setiap tahunnya mengharuskan pemerintah berfokus pada pengembangan kualitas destinasi wisata dibandingkan dengan penentuan target kuantitas. Ulasan wisatawan dapat digunakan sebagai informasi pengembangan destinasi wisata. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi destinasi wisata yang potensial dengan mengesktrak informasi pada ulasan wisatawan, sehingga informasi tersebut dapat digunakan untuk mengambil keputusan ide yang inovatif dalam menstimulasikan informasi strategis yang dapat direkomendasikan kepada pemerintah dan stakeholder sektor pariwisata dalam pengembangan destinasi wisata yang sesuai minat dan harapan dari wisatawan. Metode yang digunakan penelitian ini sentiment analysis menggunakan VADER untuk memberikan skor positif/negatif, multiclass classification membagi ulasan kedalam 6 dimensi kognitif, dan social network analysis untuk menunjukkan daerah potensial kunjungan wisatawan. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan setiap destinasi dominan memiliki sentiment positif pada 6 dimensi kognitif yang menandakan bahwa wisatawan cenderung puas dengan layanan yang diberikan. Namun terdapat sentiment negatif pada dimensi kognitif yang perlu di evaluasi untuk dilakukan pengembangan destinasi yang lebih baik kedepannya. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti memberikan saran bagi pemerintah dan pengelola destinasi untuk memperbaiki dan mengembangkan layanan yang kurang memberikan kepuasan pada wisatawan saat mengujungi destinasi wisata.