ANALISIS KOMPETISI APLIKASI HIBURAN PADA ETALASE APP STORE MENGGUNAKAN CLUSTERING

SYIFA HANIFA SALSABIL

Informasi Dasar

136 kali
22.05.068
658.83
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetisi aplikasi hiburan pada platform AppStore. 2400 aplikasi pada kategori hiburan menjadi sample pada penelitian ini. Kompetisi dilihat dari batas minimum usia pengguna, harga, opsi pembelian in-app, rating dan jumlah pemberi rating yang dianalisis menggunakan hierarchical clustering. Faktor lainnya yaitu deskripsi dari aplikasi yang diekstraksi menjadi kata kunci dan diolah menggunakan LDA topic modeling dan text network untuk melihat kompetisi dari segi produk/konten yang ditawarkan oleh aplikasi.

Terdapat 7 kluster yang dihasilkan menggunakan hierarchical clustering dan 10 topik menggunakan LDA yang juga digambarkan menggunakan text network. Batas minimum usia pengguna yang paling banyak digunakan oleh aplikasi adalah 4 tahun. Harga yang ditawarkan sangat beragam dengan minimal Rp.0 atau gratis dan aplikasi dengan harga tertinggi yang juga menjadi satu-satunya aplikasi pada kluster 4. Kluster 5 menjadi aplikasi yang memiliki performa terbaik yang dilihat dari jumlah rating dan pemberi rating terbanyak, dengan harga aplikasi Rp.0 dan menawarkan pembelian in-app. Pada jaringan, kata kunci app dan game memiliki degree centrality dan betweenness centrality tertinggi pada hampir semua topik mengambarkan banyaknya aplikasi yang berbentuk permainan.

Subjek

MARKET RESEARCH
MARKETING MANAGEMENT,

Katalog

ANALISIS KOMPETISI APLIKASI HIBURAN PADA ETALASE APP STORE MENGGUNAKAN CLUSTERING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SYIFA HANIFA SALSABIL
Perorangan
Gadang Ramantoko
 

Penerbit

Universitas Telkom,S2 Management
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EMI1E3 - BIG DATA DAN ANALITIK DATA
  • EMI2E3 - E-MARKETING

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini