Pengaruh E-Service Quality Terhadap Customer Satisfaction (Studi Pada Pengguna Aplikasi Shopee Tahun 2021)

NAUFAL RIZKY MUHAMMAD HABILLAH

Informasi Dasar

22.04.1972
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi dan informasi di Indonesia bisa dikatakan cukup berkembang dan pesat seiring berjalannya waktu, Disisi lain berkembangnya ponsel pintar dan juga terjangkau membuat munculnya berbagai aplikasi yang menawarkan kemudahan..dalam..menjalani..hidup..sehari..hari, Meningkatnya pertumbuhan..penggunaan internet..di Indonesia dari tahun ke tahun menyebabkan pertumbuhan penyedia industri jasa daring semakin meningkat dengan bermunculannya aplikasi seperti Gojek, Tokopedia, Grab, dan Shopee. Jumlah nominal transaksi e-commerce yang meningkat tentunya akan mendorong laju perekonomian di Indonesia, hasil riset Indef pada tahun 2018 menunjukan bahwa keberadaan e-commerce mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia sebesar 0,71% (MediaIndonesia.com, 2019). Shopee yang sebelumnya berada di peringkat pertama untuk aplikasi e-commerce terpopuler di Indonesia, namun disalib oleh Tokopedia pada kuartal 2 tahun 2021, Dalam dunia bisnis salah satu yang yang menjadi pilar utama terbentuknya bisnis yang baik adalah mengedepankan dan mengelola kualitas layanan yang diberikan.

            Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pelanggan aplikasi Shopee berdasarkan dimensi E-Servqual. pihak Shopee juga..perlu..mengukur..sejauh mana..kualitas..layanan..yang..diberikan..kepada...pelanggan..mampu..memuaskan pelanggan, sehingga..diharapkan adanya..perbaikan (improvement) dan kepuasan pelanggan..akan lebih..meningkat. Dimensi..kualitas layanan..elektronik..seperti web design, reablility, system availability, responsiveness, empathy, dan ease of navigation adalah..faktor kunci..untuk..mempengaruhi..kepuasan..pelanggan..dalam..layanan elektronik.

Jenis..penelitian..yang..digunakan..dalam..penelitian ini merupakan..penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif merupakan salah satu jenis penelitian yang spesifikasinya adalah sistematis, terencana dan terstruktur dengan jelas sejak awal hingga pembuatan desain penelitiannya. Bedasarkan tujuan tergolong penelitian konklusif dengan tipe penyelidikan kausal. Teknik pengambilan sample yang digunakan pada penelitian ini yaitu probability sampling yaitu sampling acak sederhana (simple random sampling) dengan 100..responden..secara online..melalui google..docs. Skala pengukuran..yang digunakan..yaitu ordinal, dengan..skala likert. Namun dalam pengujian hipotesis menggunakan Uji pengaruh maka perlu menaikkan skala ordinal..menjadi interval..dengan menggunakan..methods seccesive interval (MSI). Teknik analisis..yang dilakukan..dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif, uji validitas dan..rebilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan pengujian hipotesis menggunakan uji f dan uji t.

Berdasarkan hasil pengolahan, analisis data serta pengujian hipotesis pada  penelitian ini  maka diperoleh, E-service quality pada Aplikasi  Shopee berada pada kategori cukup baik, costumer satisfaction  para pengguna Aplikasi Shopee berada pada kategori cukup baik. E-service quality pada Aplikasi Shopee mempengaruhi kepuasan pelanggan pengguna pada aplikasi  shopee, hal ini didasarkan pada hasil pengujian hipotesis dengan uji t dan uji f.

 

Adapun saran dari hasil penelitian ini adalah agar shopee lebih melakukan pengukuran kepuasan secara terpisah antara penjual dan pembeli, sehingga manajemen benar-benar mengetahui atribut yang harus diprioritaskan, pengembang shopee memberikan saran kepada para ekspedisi untuk memberikan layanan yang cepat dan tepat sesuai dengan slogan dari aplikasi shopee. Dan shopee perlu memberikan kemudahan kepada para penggunanya, seperti memberikan diskon dan shopee pay latter , guna meningkatkan terus-menerus.

 

Kata Kunci: customer satisfaction, e-servqual, empathy, ease of navigation , reablility, responsiveness, system availability , web design.

Subjek

BRANDS-MARKETING STRATEGY
BRAND, SERVICE QUALITY,

Katalog

Pengaruh E-Service Quality Terhadap Customer Satisfaction (Studi Pada Pengguna Aplikasi Shopee Tahun 2021)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NAUFAL RIZKY MUHAMMAD HABILLAH
Perorangan
NURVITA TRIANASARI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • SI652024 - E-COMMERCE & IT BUSINESS
  • SM791054 - E-MARKETING

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini