PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN BAHAN PELEDAK KOMERSIAL PT. PINDAD (PERSERO) DI BANDUNG

MUHAMMAD SALMAN AULIAURRAHMAN

Informasi Dasar

22.04.2091
658.812
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak

PT. Pindad (Persero) merupakan perusahaan yang bergerak di industri pertahanan dan keamanan. Dalam rangka menjaga tumbuh kembangnya perusahaan, PT. PINDAD (Persero) tidak boleh hanya bergantung pada industri pertahanan dan keamanan saja tetapi harus memasuki beberapa industri lainnya yang relevan, diantaranya usaha dalam bidang Bahan Peledak Komersial.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Pelanggan PT Pindad (Persero) di Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode Non Probability Sampling dengan teknik Quota Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui data primer dengan kuisioner. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 100 Pelanggan PT Pindad. Sedangkan teknik analisis yang digunakan merupakan analisis regresi linear sederhana.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan sebelumnya mengenai pengaruh Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Pelanggan Bahan Peledak Komersial PT Pindad (Persero) di Bandung dapat diambil beberapa kesimpulan yaitu Persepsi responden terhadap CRM PT Pindad (Persero) berada pada kategori tinggi sebesar 77%, dimana nilai tersebut terletak diangka 68%-84% pada garis kontinum, dengan nilai rata-rata sebesar 3.77. Dan juga  Persepsi responden terhadap Loyalitas Pelanggan PT Pindad (Persero) berada pada kategori tinggi sebesar 71%, dimana nilai tersebut terletak diangka 68%-84% pada garis kontinum, dengan nilai rata-rata sebesar 3.55.

Berdasarkan hasil uji t untuk variabel CRM mendapatkan hasil 0,00 < 0,05 maka terdapat pengaruh antara variabel Customer Relationship Management (X) terhadap Loyalitas Pelanggan (Y). Dan mendapatkan nilai koefisien regresi sebesar 15,113 yang mimilik arti hubungan antara variabel Customer Relationship Management berpengaruh positif terhadap Loyalitas Pelanggan.

Kata kunci: PT. PINDAD (Persero), Bahan Peledak Komersial, Customer Relationship Management, Loyalitas Pelanggan.

Subjek

CUSTOMER RELATIONSHIPS MANAGEMENT
CUSTOMER LOYALTY,

Katalog

PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN BAHAN PELEDAK KOMERSIAL PT. PINDAD (PERSERO) DI BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD SALMAN AULIAURRAHMAN
Perorangan
Krisna Kusumahadi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini