Abstrak
PT. Pindad (Persero) merupakan perusahaan yang bergerak di industri pertahanan dan keamanan. Dalam rangka menjaga tumbuh kembangnya perusahaan, PT. PINDAD (Persero) tidak boleh hanya bergantung pada industri pertahanan dan keamanan saja tetapi harus memasuki beberapa industri lainnya yang relevan, diantaranya usaha dalam bidang Bahan Peledak Komersial.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Pelanggan PT Pindad (Persero) di Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode Non Probability Sampling dengan teknik Quota Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui data primer dengan kuisioner. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 100 Pelanggan PT Pindad. Sedangkan teknik analisis yang digunakan merupakan analisis regresi linear sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan sebelumnya mengenai pengaruh Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Pelanggan Bahan Peledak Komersial PT Pindad (Persero) di Bandung dapat diambil beberapa kesimpulan yaitu Persepsi responden terhadap CRM PT Pindad (Persero) berada pada kategori tinggi sebesar 77%, dimana nilai tersebut terletak diangka 68%-84% pada garis kontinum, dengan nilai rata-rata sebesar 3.77. Dan juga Persepsi responden terhadap Loyalitas Pelanggan PT Pindad (Persero) berada pada kategori tinggi sebesar 71%, dimana nilai tersebut terletak diangka 68%-84% pada garis kontinum, dengan nilai rata-rata sebesar 3.55.
Berdasarkan hasil uji t untuk variabel CRM mendapatkan hasil 0,00 < 0,05 maka terdapat pengaruh antara variabel Customer Relationship Management (X) terhadap Loyalitas Pelanggan (Y). Dan mendapatkan nilai koefisien regresi sebesar 15,113 yang mimilik arti hubungan antara variabel Customer Relationship Management berpengaruh positif terhadap Loyalitas Pelanggan.
Kata kunci: PT. PINDAD (Persero), Bahan Peledak Komersial, Customer Relationship Management, Loyalitas Pelanggan.