ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) DAN ANALISIS SWOT (STUDI KASUS PADA SUNDA COFFEE SPACE)

NAUFAL AKBARI

Informasi Dasar

22.04.2101
658.401 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sektor Usaha Mikro Kecil (UMK) menjadi sektor yang memegang peranan penting terhadap perekonomian di Jawa Barat. Jumlah pelaku UMKM di Jawa Barat terus meningkat, pertumbuhan UMKM juga dirasakan di Kota Sukabumi sebagai kota bagian dari provinsi Jawa Barat. Dengan meningkatnya UMKM di Kota Sukabumi ditambah dengan adanya program pemerintah yang mengharuskan masyarakat Indonesia untuk dapat membatasi kegiatan di luar rumah, tentunya hal itu membuat pendapatan para pelaku usaha semakin berkurang. Sunda Coffee Space merupakan sebuah Coffee Shop yang bertempat di Kota Sukabumi. Sunda Coffee Space harus terus berinovasi agar usahanya dapat bertahan yang dapat dilakukan dengan memetakan model bisnis dari Sunda Coffee Space dan mengevaluasinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat model bisnis Sunda Coffee Space saat ini dan merekomendasikan model bisnis yang baru agar dapat menciptakan nilai tambah baru yang dapat membantu Sunda Coffee Space dalam mempertahankan bisnisnya. Pada studi ini penulis menggunakan pendekatan Business Model Canvas untuk memetakan model bisnis dari Sunda Coffee Space dan mengevaluasinya menggunakan analisis SWOT. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi ketiga narasumber. Berdasarkan hasil dari penelitian, diperoleh gambaran model bisnis business model canvas Sunda Coffee Space yang sedang dijalankan saat ini dari hasil wawancara. Dari hasil analisis SWOT yang dilakukan terhadap business model canvas saat ini, menunjukan adanya kekuatan dan kelemahan dari Sunda Coffee Space, ancaman yang harus dihadapi, serta peluang yang harus dimanfaatkan oleh Sunda Coffee Space. Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan menggunakan analisis business model canvas dan analisis SWOT, Sunda Coffee Space masih memiliki beberapa aspek yang belum maksimal dan masih bisa dikembangkan kembali agar dapat memberikan nilai lebih, mempertahankan bisnis juga agar dapat bersaing sehingga dibuatnya sebuah strategi dari business model canvas yang nantinya akan dijadikan pertimbangan untuk menyusun strategi pengembangan bisnis pada Sunda Coffee Space.

Subjek

BUSINESS MANAGEMENT
 

Katalog

ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) DAN ANALISIS SWOT (STUDI KASUS PADA SUNDA COFFEE SPACE)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NAUFAL AKBARI
Perorangan
Lia Yuldinawati, Arien Arianti G
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EBI3I4 - MANAJEMEN USAHA BARU

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini