PERANCANGAN PERBAIKAN PROGRAM KOMUNIKASI PEMASARAN KOBIN COFFEE MENGGUNAKAN METODE BENCHMARKING DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

ANWAR FIRDAUS ASH-SHIDDIQ

Informasi Dasar

22.04.2326
658.81
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kobin Coffee merupakan salah satu usaha coffee shop yang berdiri sejak14 Maret 2021, dengan pendiri usaha yang bernama Riyadh Tsaniyadi Djajusman dan Astrid Karina Putri. Kobin Coffee melayani penjualan bsecara offline dan online yaitu melalui marketplace Go-jek dan Grab. Pendapatan Kobin Coffee dari bulan April sampai Juli kenaikan yang terjadi hanya 6%,tidak ada perubahan kenaikan yang signifikan, dan masih belum dapat memenuhi target yang ditetapkan. Berdasarkan pemasalahan tersebut, diketahui heart share dari Kobin Coffee sendiri rendah serta penggunaan tools komunikasi pemasaran masih belum optimal.

Pada Tugas Akhir ini fokus pembahasan yaitu melakukan perancangan program komunikasi pemasaran pada Kobin Coffee. Perancangan dilakukan dengan metode benchmarking dan dibantu dengan tool Analytical Hierarchy Process (AHP) dalam menentukan partner benchmark yang tepat bagi Kobin Coffee. Dibuatnya Tugas Akhir ini bertujuan untuk mendapatkan hasil rancangan yang sesuai untuk Kobin Coffee terkait program komunikasi pemasaran untuk meningkatkan pendapatan sesuai ketentuan yang ditetapkan Kobin Coffee.

Hasil rancangan yang diusulkan kepada Kobin Coffee antara lain meningkatkan nilai engagement rate sebesar 0,16% pada Instagram, melakukan postingan aktif dalam sebulan selama 3 minggu dengan post per minggunya sebanyak 3 postingan melalui instagram, mengadakan minimal 1 kali special event, mengadakan minimal 1 event festivals, mengadakan special event dan festivals dengan banyak peserta 30 orang, menerapkan giveaway dengan target minimal sebayak 30 orang, menyediakan 2 ragam paket product bundling, menambah 3 jenis point of purchase display, memasukan desain pada kemasan, menambah kemasan dengan material yang memiliki ketahanan panas, menambah variasi model kemasan, menambah 2 media eksternal publikasi, menjadi sponsor suatu acara dengan luas cakupan audiens sebanyak minimal 1.500 orang, mengikuti pameran dagang dengan cakupan kota bandung, menambah 2 tambahan layanan pada customer services, menerapkan text messages melalui official account line dengan jangkauan 1.000 orang.

Kata Kunci: Benchmarking, Analytical Hierarchy Process, Coffee Shop, Marketing Communication

Subjek

MARKETING COMMUNICATION
MARKETING STRATEGY,

Katalog

PERANCANGAN PERBAIKAN PROGRAM KOMUNIKASI PEMASARAN KOBIN COFFEE MENGGUNAKAN METODE BENCHMARKING DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANWAR FIRDAUS ASH-SHIDDIQ
Perorangan
Sari Wulandari, Ima Normalia K
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • IEI4Q3 - KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini