Pengaruh Collaboration Factors terhadap Student Satisfaction dengan Teamwork Satisfaction sebagai Mediator (Studi Pada Mahasiswa Peserta Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Telkom University)

TASSA PUTRI AVERO

Informasi Dasar

22.05.085
304.2
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Industri pendidikan di Indonesia saat ini menjadi salah salah satu konsentrasi pemerintah. Sebuah studi menekan bahwa di abad ke - 21 kolaborasi menjadi bagian penting dari proses belajar dan bekerja. Saat ini dalam kegiatan pembelajaran  dapat memungkinkan untuk dilakukan secara kolaboratif, sebagai salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan memberikan ruang yang seluas-luasnya bagi potensi para mahasiswa untuk dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan zamannya dengan program MBKM. Adanya Program dari MBKM juga dilakukan guna mendorong keterlibatan siswa dalam pengalaman kolaboratif. pembelajaran secara aktif perlu dilakukan, salah satu bentuk pengaplikasian dari model pembelajaran ini adalah dengan metode collaborative learning

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Collaboration Factor, terhadap student satisfaction yang dimediasi oleh teamwork satisfaction .Tahap metode penelitian menggunakan desain penelitian kuantitatif, menggunakan kuesioner, skala yang digunakan adalah skala likert dengan empat pilihan jawaban. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa program WRAP MBKM menggunakan Teknik sampling Probability Sampling dengan jenis sampling yang digunakan adalah Stratified Random sampling dan Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) PLS.

Dalam penelitian ditemukan bahwa Teamwork Satisfaction memediasi hubungan antara Collaboration Factors dan Student Satisfaction. Teamwork Satisfaction berpengaruh signifikan memediasi hubungan antara masing-masing dimensi dalam variable collaboration factor (Team Dynamics, Team Acquaintance dan Instructor support) terhadap Student Satisfaction.

Berdasarkan hasil penelitian, kedepannya dalam pelaksanaan program MBKM khususnya program WRAP MBKM Telkom University perlu memperhatikan lebih lanjut dengan melakukan evaluasi dan monitoring secara berkala terkait keberlangsungan dari program MBKM tersebut salah satunya bisa degan memperhatikan komponen-komponen dalam variabel yang perlu ditingkatkan  untuk menciptakan Student Satisfaction khususnya untuk dimensi Team Aquaintance dan Team Dynamic.

Subjek

MANAJEMEN
Management - administration,

Katalog

Pengaruh Collaboration Factors terhadap Student Satisfaction dengan Teamwork Satisfaction sebagai Mediator (Studi Pada Mahasiswa Peserta Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Telkom University)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TASSA PUTRI AVERO
Perorangan
DODIE TRICAHYONO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • MM200514 - MANAJEMEN STRATEGI
  • MMFA53 - MANAJEMEN STRATEGI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini