Pengaruh Knowledge Sharing terhadap Kinerja Karyawan Kantor Badan Pelaksana Kegiatan Yayasan Pendidikan Telkom (BPK YPT)

WAFA NUR IZZAH

Informasi Dasar

22.04.3658
658.056 33
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kinerja karyawan memiliki andil penting bagi sebuah organisasi, sebab kinerja dari setiap karyawan memberikan sumbangsih terhadap pencapaian kinerja dari setiap fungsi organisasi. Banyak faktor yang dapat berpengaruh terhadap kualitas kinerja karyawan, salah satunya adalah knowledge sharing. Sejumlah penelitian terdahulu menunjukkan bahwa knowledge sharing memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan. Fenomena yang terjadi pada Kantor Badan Pelaksana Kegiatan Yayasan Pendidikan Telkom (BPK YPT) yakni terdapat fluktuasi terhadap nilai kinerja yang diperoleh karyawan dalam kurun lima tahun terakhir, serta tidak sesuainya realisasi program knowledge sharing yang diselenggarakan oleh organisasi jika dibandingkan dengan aturan ideal penyelenggaraan yang seharusnya.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi knowledge sharing dan kinerja karyawan di kantor BPK YPT. Serta menganalisis pengaruh knowledge donating dan knowledge collecting sebagai dimensi knowledge sharing terhadap kinerja karyawan baik secara parsial maupun simultan.

Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada karyawan Kantor Badan Pelaksana Kegiatan Yayasan Pendidikan Telkom (BPK YPT) sejumlah 85 orang. Teknik sampling yang digunakan yakni metode sampel jenuh. Dan untuk menginterpretasikan hasil penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa knowledge donating dalam kategori baik, knowledge collecting dalam kategori sangat baik, dan kinerja karyawan dalam kategori di atas target. Knowledge donating dan knowledge collecting berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada Kantor BPK YPT, baik secara parsial maupun simultan.

Perusahaan sebaiknya memulai inisiasi untuk pengadaan morning briefing setiap hari untuk mengoptimalkan wadah berbagi pengetahuan baru sebagai bentuk peningkatan inisiatif knowledge donating. Selain itu perlu ada upaya perusahaan untuk merapikan jadwal penyelenggaraan serta kurikulum aktivitas knowledge sharing berikut juga dengan jadwal siapa yang akan berbagi pada acara tersebut, sebagai bentuk peningkatan knowledge collecting di dalam perusahaan.

Subjek

KNOWLEDGE MANAGEMENT-KNOWLEDGE SHARING
PERSONEL MANAGEMENT,

Katalog

Pengaruh Knowledge Sharing terhadap Kinerja Karyawan Kantor Badan Pelaksana Kegiatan Yayasan Pendidikan Telkom (BPK YPT)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WAFA NUR IZZAH
Perorangan
Dian Indiyati, Hani Gita Ayuningtias
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • SI331044 - HUMAN RESOURCE MANAGEMENT
  • SM532014 - KNOWLEDGE MANAGEMENT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini