ANALISIS TINGKAT KESADARAN KONSUMEN MUSLIM INDONESIA TERHADAP PRODUK HALAL: STUDI SISWA SMA KOTA BANDUNG

ARFIAN HUSNI TAUFANI

Informasi Dasar

199 kali
22.04.3661
658.834
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Meningkatnya jumlah penduduk yang beragama msulim menyebabkan pemenuhan akan berbagai aspek dalam kebutuhan hidup konsumen semakin meningkat, salah satunya yaitu peningkatan akan produk-produk atau jasa yang berlabelkan halal. Selain itu dengan tingginya populasi penduduk yang beragama Islam maka tingkat kesadaran konsumen dalam mengkonsumsi makanan halal mengalami kenaikan yang didasarkan pada halalnya produk, kesehatan dan pemahaman nilai halal yang mendorong minat konsumen untuk membeli produk makanan halal didasarkan pada halalnya produk, kesehatan dan pemahaman nilai halal yang mendorong minat konsumen untuk membeli produk makanan halal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh religious belief, health reasons, logo certification dan exposure terhadap halal supply chain awareness. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tujuan penelian yaitu kausal. Pengumpulan data dengan menggunakan metode non probability sampling dengan tipe convience sampling sebanyak 402 responden siswa SMA di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuisioner dengan skala ordinal dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Partial Least Squares Strucutral Equation Modeling (PLSSEM). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa religious belief berpengaruh secara positif dan siginfikan terhadap halal supply chain awarenes, health reasons berpengaruh secara positif dan siginfikan terhadap halal supply chain awarenes, dan logo certification berpengaruh secara positif dan siginfikan terhadap halal supply chain awarenes pada siswa SMA di Kota Bandung. Sedangkan exposure berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap halal supply chain awareness pada siswa SMA di Kota Bandung Adapun saran dari hasil penelitian ini, untuk pelaku usaha atau UMKM yaitu lebih memperhatikan sisi kebersihan bahan baku, produksi, pengemasan sehingga bisa dikonsumsi oleh konsumen dengan aman dan dapat meningkatkan kesadaran konsumen akan produk yang halal. Salah satunya yang dapat dilakukan oleh penjual atau UMKM yaitu dengan pemberian logo sertifikasi halal, pemberian sertifikasi halal pada makanan dilakukan agar dapat memberi jaminan rasa aman dan kualitas mengenai makanan halal.

Kata kunci: exposure. halal supply chain awareness, health reasons, logo certification, religious belief

Subjek

Skripsi
CONSUMEN BEHAVIOUR,

Katalog

ANALISIS TINGKAT KESADARAN KONSUMEN MUSLIM INDONESIA TERHADAP PRODUK HALAL: STUDI SISWA SMA KOTA BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARFIAN HUSNI TAUFANI
Perorangan
Ratih Hendayani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EBI4Q4 - SKRIPSI
  • SM542034 - SUPPLY CHAIN MANAGEMENT IN TELCO

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini