Teknologi dewasa ini berkembang begitu pesat dilihat dari kemahiran gawai dalam memberikan kemudahan mengakses internet bagi para pengguna khususnya menjelajah media sosial. Seiring berjalannya waktu peran internet mulai beralih untuk mengembangkan destinasi wisata dimana sosial media menjadi sarana untuk memasarkan industri pariwisata. Bali Zoo merupakan salah satu destinasi wisata yang memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produknya. Bali Zoo sudah mengupayakan komunikasi pemasaran yang cukup aktif pada media sosial khusnya instagram namun Bali Zoo dari tahun ke tahun memiliki jumlah pengunjung yang lebih rendah dibandingkan pesaingnya yaitu Bali Safari and Marine Park.
Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh social media marketing terhadap intention to visit pengikut akun instagram Bali Zoo (@balizoo) yang di mediasi oleh variabel destination image, serta mengetahui apakah terdapat pengaruh pada variabel social media marketing terhadap variabel intention to visit Bali Zoo, pengaruh variabel social media marketing terhadap variabel destination image di Bali Zoo, dan pengaruh variabel destination image terhadap variabel intention to visit Bali Zoo.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanation research). Populasi pada penelitian ini adalah followers akun instagram Bali Zoo (@balizoo) yang berjumlah 84.700 followers terhitung pada tanggal 13 November 2021. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebesar 400 responden dengan menggunakan Purposive Sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, analisis jalur, uji koefisien determinasi, uji sobel, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa social media marketing memiliki pengaruh yang positif dan sigifikan terhadap intention to visit, social media marketing memiliki pengaruh yang positif dan sigifikan terhadap destination image, destination image memiliki pengaruh yang positif dan sigifikan terhadap intention to visit, destination image berpengaruh secara positif dan peran mediasi yang signifikan antara social media marketing dan intention to visit pada Bali Zoo.
Berdasarkan kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, sebaiknya Bali Zoo perlu meningkatkan kualitas informasi yang dibagikan pada akun instagram, meningkatkan pelayanan yang baik dan berkesan kepada wisatawan mulai dari wisatawan berkunjung ke Bali Zoo hingga pemberian feedback, lebih giat mengadakan aktivitas komunikasi pemasaran, aktif berinteraksi dengan followers media sosial, dan menawarkan promo pada hari-hari tertentu.
Kata Kunci : Pemasaran Media Sosial, Citra Destinasi, Instagram.