PENGARUH INOVASI PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING EKONOMI KREATIF (Studi Kasus Benzema Bordir)

MUHAMAD RAFLI RAFSANJANI

Informasi Dasar

195 kali
23.04.406
658.406 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perusahaan Benzema Bordir merupakan perusahaan yang sedang berkembang ditengah pesatnya persaingan bisnis di era global seperti ini. Perusahaan Benzema Bordir berdiri pada tahun 2009, Benzema Bordir merupakan perusahaan bordir yang cukup terkenal dikalangan pesaingnya, pada saat ini perusahaan tersebut sedang menghadapi beberapa masalah diantaranya yaitu berkurangnya minat serta keinginan konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan sehingga berdampak pada omset penjualan. Penjualan pada perusahaan Benzema Bordir di tahun 2020 cenderung mengalami penurunan volume penjualan antara tahun 2016 sampai 2018 mengalami kenaikan akan tetapi pada pada tahun 2018 hingga tahun 2020 terjadi penurunan, hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor penyebabnya antara lain perusahaan lain sudah melakukan banyaknya inovasi dan meningkatkan kualitas produknya sehingga persaingan pasar semakin ketat dan peluang di pasar pun semakin sulit, Selain itu persaingan bisnis bordir di Kota Tasikmalaya yang semakin ketat, mempengaruhi pengusaha bordir untuk melakukan berbagai cara dalam mempertahankan konsumen yang dimilikinya.

Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Inovasi Produk serta Kualitas Produk, secara langsung terhadap Keunggulan bersaing pada Perusahaan Benzema Bordir, untuk mengetahui pengaruh Inovasi Produk serta Kualitas Produk, secara tidak langsung terhadap Keunggulan Bersaing pada Perusahaan Benzema Bordir.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dan regresi linear Berganda, melalui penggunaan teknik non probability sampling dengan jumlah responden sebanyak 75 orang. Teknik Pengambilan data yang digunakan adalah Wawancara,Observasi dan Kuesioner.

Hasil dari penelitian serta pengolahan data menunjukan bahwa inovasi berpengaruh secara parsial terhadap keunggulan bersaing, kualitas produk berpengaruh secara parsial terhadap keunggulan bersaing dan inovasi produk dan kualitas produk berpengaruh secara Bersama-sama (simultan) terhadap keunggulan bersaing.

Hasil Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan arahan dan evaluasi dalam Pengambilan keputusan bagi Perusahaan Benzema bordir untuk dapat mempertahankan Konsumen nya serta untuk dapat terus bersaing dalam mempertahankan omset penjualan nya dengan pesaing.

Kata Kunci: Inovasi Produk, Kualitas Produk, Keunggulan Bersaing, Ekonomi Kreatif

Subjek

INNOVATION
PRODUCT DESIGN,

Katalog

PENGARUH INOVASI PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING EKONOMI KREATIF (Studi Kasus Benzema Bordir)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMAD RAFLI RAFSANJANI
Perorangan
Elvira Azis
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • EBI3F4 - BISNIS DAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL
  • SM592014 - EKONOMI KREATIF

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini