Banyak perusahaan yang belum menerapkan kualitas data yang baik sebagai sebuah proses yang dilakukan dengan konsisten sehingga munculnya kendala. Permasalahan tersebut dapat dikurangi dengan menerapkan manajemen kualitas data yang baik. Salah satu proses dalam manajemen kualitas data yaitu data quality assessment (DQA). Dalam penelitian ini berfokus pada analisis dan penilaian pada kualitas data menggunakan metodologi terkait dengan teknik dan panduan DQA yang dirancang berdasarkan kerangka kerja dari DAMA-DMBOK. Penelitian ini memfokuskan penilaian dataset pada proses bisnis ticketing divisi multimedia perusahaan telekomunikasi di indonesia. Pada proses analisis, penulis melakukan justifikasi dengan error null pada data dan melakukan penilaian objektif atau quantitave dengan dimensi DQ yaitu accuracy, completeness, consistency, timeliness, uniqueness dan validity. Pada justifikasi data ticketing penulis mendapatkan akumulasi error null sebesar 66,23% yang ketika dinilai masih terdapat banyak ketidaksesuaian terhadap dimensi DQ-nya. Pada tahap perbaikan penulis memberi saran perbaikan pada ERD proses ticketing, pemberian saran yang dapat dilakukan berdasarkan dimensi DQ, dan melakukan data treatment sebagai penaganan data null yang memiliki kemungkinan dapat diisi, karena data ticketing tidak mungkin untuk dihapus.
Kata Kunci : kualitas data, manajemen kualitas data, penilaian kualitas data, DAMA-DMBOK.