Pada saat ini ICT berkembang semakin pesat seiring perkembangan zaman dan aktivitas-aktivitas pun dikemas dalam bentuk smartphone, salah satunya adalah pengiriman paket secara praktis dan cepat dengan hanya mengandalkan aplikasi mobile. PT. Pos Indonesia selaku perusahaan yang bergerak dibidang jasa ekpedisi memiliki aplikasi yang bernama PosAja! sebagai medianya. Aplikasi ini memudahkan pemilik UMKM yang kian bertambah pada saat pandemi covid-19 dalam menjalankan bisnis. Sayangnya aplikasi yang telah ada bila dibandingkan perusahaan swasta lain, aplikasi mobile jasa ekspedisi PT. Pos Indonesia masih belum optimal dan belum mampu memenuhi kebutuhan user dari segi tampilan user interface serta user experience. Oleh sebab itu, perancangan ini bertujuan untuk merancang prototype aplikasi mobile yang efektif bagi user dan diharapkan dapat mempermudah proses pengiriman paket sehingga dapat tercipta efektifitas serta efisiensi waktu. Metode perancangan ini bersifat kualitatif dengan pengumpulan data berupa observasi, studi pustaka, kuisioner dan wawancara beberapa pihak baik dari internal PT. Pos Indonesia maupun pihak eksternal seperti pemilik UMKM dan seorang praktisi UI/UX. Setelah itu, dilakukan analisis visual data dan analisis matriks perbandingan. Hasil dari perancangan ini berupa prototype aplikasi mobile jasa ekspedisi PT. Pos Indonesia. Dengan adanya tampilan prototype aplikasi mobile ini, diharapkan dapat menjadi rekomendasi PT. Pos Indonesia yang mampu menjembatani UMKM dalam melakukan pengiriman paket menggunakan jasa ekspedisi PT. Pos Indonesia.