Semenjak melintasi zaman revolusi industri 4.0, perkembangan teknologi sangat mempengaruhi beberapa aspek terutama dalam aspek teknologi informasi dan komunikasi yang bisa menyebarluaskan informasi di seluruh dunia dan sangat berpengaruh terhadap perubahan pada kehidupan saat ini ialah internet. Salah satu fenomena adanya teknologi informasi berbasis internet ialah dengan terciptanya media sosial. Media sosial adalah media atau sarana berbasis daring yang bisa mendekatkan jalinan hubungan antar penggunanya dalam melakukan interaksi sosial. Para pengguna media sosial bisa saling berinteraksi, berkomunikasi, dan berbagi kegiatan hubungan sosial lainnya secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Intensitas Penggunaan Instagram (X) terhadap Perilaku Komunikasi Mahasiswa (Y). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linier sederhana, uji hipotesis parsial T (Uji-T) dan koefisien determinasi. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan rumus slovin dengan jumlah 400 responden. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan antara Intensitas Penggunaan Instagram terhadap perilaku komunikasi. Hasil Thitung (12.224) > Ttabel (1.965) dan hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa pengaruh Intensitas Penggunaan Instagram terhadap Perilaku Komunikasi Mahasiswa sebesar 85.74% sedangkan sisanya yaitu 14.26% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Kata Kunci: Intensitas, Instagram, Perilaku Komunikasi