Penerapan Balanced Scorecard TI pada berbagai sektor unit dalam divisi perusahaan dapat mengukur dan mengetahui performansi kinerja dari unit yang bersangkutan. Pada unit Top 20 / Public Service divisi SDA PT. XYZ dilakukan pengukuran terkait penerapan BSC TI dengan menggunakan metrik alignment goals berbasis COBIT 2019. Pengukuran dan pengolahan data yang dilakukan terkait penelitian ini berpedoman dan merujuk pada 13 metrik yang ada pada alignment goals dan terdapat sembilan data metrik yang berhasil dikelompokkan menjadi empat perspektif, yaitu perspektif corporate contribution (AG01, AG02, AG03), perspektif customer orientation (AG05, AG06), perspektif operational excellence (AG10, AG11) dan perspektif future orientation (AG12 dan AG13). Konsep penelitian ini adalah mengukur dan membuktikan apakah unit tersebut telah menerapkan BSC TI dengan tepat dan dapat merepresentasikan performansi kinerja unit. Berdasarkan hasil pengukuran dan pengolahan data yang telah dilakukan terhadap perspektif pada BSC TI diperoleh hasil analisis yaitu perspektif future orientation berkorelasi positif terhadap perspektif operational excellence, perspektif operational excellence berkorelasi positif terhadap perspektif customer orientation dan perspektif customer orientation berkorelasi positif terhadap perspektif corporate contribution. Oleh karena itu, penerapan dan pengukuran BSC TI berbasis COBIT 2019 pada unit Top 20 / Public Service dapat merepresentasikan kinerja terkait TI dalam evaluasi kinerja.
Kata Kunci? Top 20 / Public Service, BSC TI, alignment goals, COBIT 2019, korelasi perspektif BSC TI, Corporate Contribution, Operational Excellence, Customer Orientation, Future Orientation