PERANCANGAN USULAN MODEL BISNIS COFFEE SHOP XYZ MENGGUNAKAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS

NUR HAPSAH MAULIDIA

Informasi Dasar

200 kali
23.04.1295
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Coffee Shop XYZ merupakan salah satu kedai kopi (Coffee Shop) yang berada di Bojongsoang, Bandung yang menawarkan produk coffee dan non coffee. Segmen pelanggan dari Coffee Shop XYZ adalah mahasiswa Telkom University dan masyarakat sekitar. Saat ini terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi oleh Coffee Shop XYZ yang dikelompokkan dengan menggunakan blok Business Model Canvas yaitu pada value proposition, customer segment, dan key activities.. Pada blok value proposition yaitu banyaknya jumlah kopi di Kota Bandung terutama di Bojongsoang dengan variasi produk serupa dengan kompetitor dan juga variasi produk yang terbatas sehingga perlu adanya inovasi yang dapat menjual ke konsumen. Pada blok customer segment yaitu segmen dari Coffee Shop XYZ hanya tertuju pada mahasiswa dan masyarakat sekitar. Pada blok key activities pegawai Coffee Shop XYZ bekerja tidak sesuai jadwal yang menyebabkan terhambatnya suatu shift dalam pengerjaan produk. Pada blok key resource, dilihat dari kondisi tempat kerja yang perlu direnovasi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perancangan usulan model bisnis yang ada pada Coffee Shop XYZ dengan menggunakan metode Business Model Canvas. Dalam melakukan perancangan model bisnis ini, data yang dikumpulkan adalah model bisnis eksisting, customer profile, dan analisis lingkungan bisnis. Kemudian melakukan analisis SWOT dengan menggunakan data yang telah didapatkan. Setelah melakukan tahap tersebut dapat diketahui kelebihan dan kekurangan dari Coffee Shop XYZ yang mengarah pada 9 blok model bisnis kanvas untuk merancang usulan model bisnis Coffee Shop XYZ. Hal tersebut dapat berguna dalam mengembangkan model bisnis yang ada dan dapat menjadi usulan Business Model Canvas baru pada Coffee Shop XYZ. Hasil usulan yang didapatkan adalah pada customer segment terdapat usulan himpunan mahasiswa, kepanitiaan, komunitas, laboratorium dan entitas Telkom lainnya. pada customer relationship adalah loyalitas ke pelanggan, pada value proposition dan key resource adalah variasi ukuran gelas produk dan tata ruang Coffee Shop XYZ yang modern dan minimalis, pada key activities adalah pelatihan pegawai dan evaluasi kinerja karyawan.


Kata kunci — Business Model Canvas, Coffee Shop, Analisis SWOT

Subjek

MANAGEMENT STRATEGY
STRATEGY MARKETING,

Katalog

PERANCANGAN USULAN MODEL BISNIS COFFEE SHOP XYZ MENGGUNAKAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NUR HAPSAH MAULIDIA
Perorangan
ENDANG CHUMAIDIYAH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • IE4424 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini