Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi penggunaan media sosial Instagram terhadap kepuasan followers akun @yea.id. Teori kegunaan dan kepuasan diterapkan dalam penelitian ini. Ada dua variabel yang dipertimbangkan: variabel motif (X) dan variabel kepuasan (Y). YEA (Akademi Wirausaha Muda), pendidikan nonformal Indonesia, digunakan sebagai objek penelitian. Karena penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, maka data primer diperoleh dari hasil kuesioner. Teknik sampling probabilitas dengan simple random sampling digunakan untuk penelitian ini. Follower akun Instagram @yea.id yang berjumlah 42.326 follower berusia 17 sampai 34 tahun digunakan dalam penelitian ini. Kuesioner membutuhkan 396 orang untuk diselesaikan. Para peneliti menggunakan perangkat lunak IBM SPSS Statistics 24 untuk mengolah data. Temuan penelitian mengungkapkan 0,649 (atau 64,9%) hubungan positif antara variabel motif (X) dan variabel kepuasan (Y). Hasil perhitungan menunjukkan bahwa motivasi penggunaan media sosial Instagram berpengaruh signifikan terhadap kepuasan followers akun @yea.id. Dengan nilai persentase sebesar 78,73%, variabel motif (X) memperoleh nilai tertinggi dari subvariabel motif identitas personal pada penelitian ini. Hasilnya, dengan nilai persentase sebesar 78,93%, variabel kepuasan (Y) memperoleh nilai tertinggi dari subvariabel kepuasan informasi.
Kata Kunci: Followers, Instagram, Kepuasan, Media Sosial, Motif Penggunaan