Pelayanan yang diberikan perguruan tinggi menjadi tolak ukur untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat sehingga perguruan tinggi dituntut untuk mengevaluasi standar pelayanan yang diberikan kepada mahasiswa. Saat ini evaluasi layanan akademik perguruan tinggi masih dilakukan secara manual melalui survei sehingga lingkup evaluasi hanya diperoleh melalui internal universitas dan belum diambil melalui unggahan publik di media sosial. Analisis sentimen merupakan salah satu metode lain yang dapat digunakan untuk mengevaluasi tanggapan melalui media sosial terkait perguruan tinggi. Saat ini perancangan dashboard analisis sentimen sebagai evaluasi perguruan tinggi cenderung baru dan belum banyak direalisasikan karena adanya keterbatasan sumber daya untuk melakukan perancangan aplikasi. Berdasarkan hal tersebut, tugas akhir ini menampilkan alur perancangan dan implementasi dashboard sentimen analisis media sosial sehingga dapat menjadi acuan pengembangan dashboard sentimen. Untuk mengimplementasikan aplikasi secara optimal, digunakan metodologi perancangan perangkat lunak iterative incremental sedangkan untuk memudahkan dalam merancang antarmuka dashboard dan memodifikasi data pada database digunakan framework Django. Dalam hal klasifikasi sentimen digunakan transformer IndoBERT untuk mendapatkan akurasi model yang maksimal.