Ekosistem bisnis Indonesia terus mengalami pertumbuhan signifikan beberapa tahun terakhir, terutama dalam lingkup startup, dengan tingkat investasi yang terus meningkat terutama untuk industri yang berhubungan dengan ekonomi digital, studi ini bertujuan untuk mencari peluang ide bisnis potensial menggunakan text analytics (TA). Untuk mengidentifikasi topik bahasan User Generated Content (UGC) pengguna di sosial media Instagram, akan dilakukan tiga teknik data mining, yang pertama adalah text mining dengan scrapping di sosial media Instagram, kedua Latent Dirichlet Allocation (LDA) untuk mengidentifikasi topik utama pembicaraan, ketiga Textual Analytics (TA) untuk menganalisis faktor utama dalam pembicaraan tersebut.
Hasil yang ditemukan dari 78.911 UGC Instagram yang diolah, terdapat 73 startup dari 13 sektor industri, berdasarkan data tersebut ditemukan hasil yang bervariasi, dengan 1 sektor industri menghasilkan topik tanpa makna, 5 sektor memunculkan hasil konfirmatif dan 7 sektor memunculkan topik bermakna, 5 topik konfirmatif berisikan approval dari pengguna tentang aktivitas startup di sektor tersebut, sementara 7 topik memunculkan pain dan demand yang dialami oleh konsumen di sektor yang bersangkutan, dengan permasalahan yang bervariasi dari suatu sektor industri tertentu sampai permasalahan multisector, namun untuk menemukan peluang bisnis yang ada, diperlukan tambahan data komplementer yang dapat mendukung dan mencari peluang dari fenomena yang berhasil diungkap oleh UGC.
Kata Kunci: peluang bisnis baru, data analitik, topic modelling