Corporate social responsibility disclosure penting bagi perusahaan. Secara praktiknya, implementasi aturan tentang corporate social responsibility disclosure tersebut belum sempurna dan baik dilakukan di Indonesia. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi corporate social responsibility disclosure, yaitu firm maturity, media exposure, dan kapitalisasi pasar karena masih banyak data perusahaan yang buruk dalam melakukan kegiatan corporate social responsibility disclosure yang dihitung menggunakan 67 item POJK.
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis pengaruh secara simultan dan parsial dari firm maturity, media exposure, dan kapitalisasi pasar terhadap corporate social responsibility disclosure pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan metode pengumpulan datanya menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini memiliki 426 data observasi yang didapat dari 142 perusahaan. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 12.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa firm maturity, media exposure, dan kapitalisasi pasar berpengaruh secara simultan terhadap corporate social responsibility disclosure. Secara parsial firm maturity berpengaruh terhadap corporate social responsibility disclosure, sedangkan media exposure, dan kapitalisasi pasar tidak berpengaruh terhadap corporate social responsibility disclosure.
Dapat disimpulkan bahwa firm maturity berpengaruh terhadap corporate social responsibility disclosure karena jika nilai (RE/TA) perusahaan tinggi atau bernilai positif, maka perusahaan di kategori kan dalam tahap growth atau mature begitupun sebaliknya. Semakin besar nilai firm maturity maka semakin mempengaruhi tingkat corporate social responsibility disclosure.
Kata Kunci: Corporate Social Responsibility Disclosure, Firm Maturity, Kapitalisasi Pasar, Media Exposur