Dengan meningkatnya penggunaan teknologi informasi dan komunikasi berdampak pada perubahan di berbagai bidang, salah satunya pola konsumsi serta cara berjualan dan berbelanja masyarakat. Tren jual beli secara online melalui platform e-commerce telah menggeser kebiasaan untuk membeli barang secara offline. Menurut data yang tercatat pada Bank Indonesia (BI) nilai transaksi e-commerce pada Februari 2022 mencapai Rp 30,8 triliun, tumbuh sekitar 12 persen dibanding periode yang sama pada Februari 2021, yakni sebesar Rp 27,3 triliun. Adapun total volume transaksi e-commerce mencapai 222,9 juta transaksi pada Februari 2022, meningkat sekitar 27 persen dibanding Februari tahun 2021 sebanyak 174,6 juta transaksi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kriteria yang dapat digunakan untuk menilai suatu e-commerce. Selain itu dapat mengetahui e-commerce terbaik yang layak menjadi prioritas untuk marketplace di Indonesia.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Kriteria yang digunakan untuk penilaian e-commerce pada penelitian ini adalah Usabilitas (Kemudahan Penggunaan) terdiri dari Learnability, Efficiency, Memorability, Errors, dan Satisfaction. Sedangkan E-ServQual (Kualitas Sistem) terdiri dari Fulfillment, System Availability, Privacy, Responsiveness, Compensation, dan Contact. Jumlah sampel yang dianalisis adalah 100 responden sebagai pengguna e-commerce Shopee, Tokopedia dan Bukalapak. Adapun teknik analisis data dilakukan melalui model analisis Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Technique for Order Performance by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS).
Hasil penelitian menunjukan bahwa kriteria Usabilitas lebih mendapat nilai lebih unggul dibandingkan E-ServQual. Sedangkan untuk e-commerce yang layak berdasarkan integrasi metode AHP dan TOPSIS secara berurutan adalah Tokopedia pada posisi pertama, Shopee pada posisi kedua dan Bukalapak pada posisi ketiga.
Saran dalam penelitian ini untuk perusahaan adalah didapat sub kriteria satisfaction, efficiency, learnability menjadi 3 besar yang paling menjadi prioritas customer dalam memilih suatu e-commerce. Ketiganya termasuk dalam sub kriteria usabilitas. Artinya user experience yang dirasakan oleh pengguna e-commerce terutama kemudahan pengguna untuk mempelajari feature yang penting dan harus ditingkatkan oleh perusahaan e-commerce untuk meningkatkan daya minat beli pelanggan.