Pengaruh Finansial Literasi Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumen Individu Pengguna Skincare Organik Pada Kalangan Generasi Z

ANNISA SALSABILLA

Informasi Dasar

117 kali
23.04.2234
658.15
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya perubahan gaya hidup pada masyarakat yang beralih pada gaya hidup sehat dan ramah lingkungan. Perubahan gaya hidup ini banyak ditemukan pada masyarakat generasi Z. Sehingga pada perubahan gaya hidup ini mengakibatkan masyarakat yang menggunakan produk skincare organic. Pada generasi Z ini memiliki gaya hidup yang cukup konsumtif, sehingga diperlukan kemampuan terhadap financial literacy yang cukup tinggi pada setiap individu tersebut. Seseorang dengan tingkat financial literacy yang tinggi akan memiliki kehidupan ekonomi yang lebih baik dan akan dengan mudah dalam mencapai kesejahteraan pada kehidupannya sehingga dapat menghidari konsumsi yang berlebihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh yang diberikan kemampuan financial literacy dan lifestyle terhadap consumption behavior pengguna skincare organic pada kalangan generasi Z. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan kausalitas. Populasi pada penelitian ini yaitu pengguna skincare organic yang termasuk pada kalangan generasi Z dengan rentang usia 10 – 26 tahun. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS), untuk mendapatkan data ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan hasil sampel yang digunakan sebanyak 50 responden. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh secara signifikan dari financial literacy terhadap consumption behavior, lifestyle terhadap consumption behavior, dan lifestyle terhadap financial literacy. Selain itu, didapatkan hasil bahwa financial literacy secara signifikan dapat menjadi mediasi pengaruh antara lifestyle terhadap consumption behavior.

Kata Kunci: Financial Literacy, Lifestyle, Consumption Behavior

Subjek

FINANCIAL MANAGEMENT
CONSUMER BEHAVIOR,

Katalog

Pengaruh Finansial Literasi Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumen Individu Pengguna Skincare Organik Pada Kalangan Generasi Z
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANNISA SALSABILLA
Perorangan
Sita Deliyana Firmialy
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini