Direktorat Pemasaran dan Admisi (PADMI) merupakan salah direktorat yang berada di bawah jajaran Wakil Rektor III Universitas Telkom bidang Admisi, Kemahasiswaan dan Alumni. Direktorat PADMI menjadi wajah institusi yang berhadapan langsung dengan calon mahasiswa dan juga orang tua mahasiswa serta bertanggung jawab dalam melakukan kegiatan pemasaran dan admisi pada penerimaan mahasiswa baru. Pelaksanaan aktivitas marketing dan follow-up pembelian Personal Identification Number (PIN) pada pengelolaan data leads dilakukan melalui pendekatan personal menggunakan media Whatsapp, dimana setiap person in charge akan mengirimkan pesan marketing dan reminder satu per satu pada setiap leads pascasarjana. Selain itu, update status follow-up untuk setiap data leads pascasarjana masih dilakukan secara manual dengan penginputan melalui spreasheet.
Adapun solusi yang dapat diberikan berupa usulan proses bisnis berupa pengelolaan data leads yang dapat dilakukan secara otomatis untuk mengurangi aktivitas yang dilakukan secara manual. Pada perancangan ini diusulkan juga mengenai integrasi antara Direktorat Pemasaran dan Admisi dengan Direktorat Pengembangan Karir, Alumni dan Endowment yang dapat menghasilkan data leads sebagai input bagi proses penerimaan mahasiswa baru dan profil lulusan sebagai input bagi kegiatan pemasaran.
Sehingga hasil dari penelitian ini adalah berupa rancangan business blueprint sistem customer relationship management terintegrasi pada open-source software Odoo yang disusun menggunakan metode Accelerated SAP (ASAP). Rancangan sistem ini mampu mengintegrasikan proses bisnis yang berjalan pada Direktorat Pemasaran dan Admisi dengan Direktorat Pengambangan Karir, Alumni dan Endowment dan mampu menyelesaikan permasalahan yang ada pada Direktorat Pemasaran dan Admisi.
Kata kunci — CRM, Odoo, Accelerated SAP(ASAP), Leads, Perguruan Tinggi