Kajian Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Business Model Canvas (BMC), Analisis SWOT, Dan Matriks Tows Pada CV. Sinar Dua Putra

SOSSA MUKTI NUGRAHA SAEPUDIN

Informasi Dasar

333 kali
23.04.2837
338.04
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pertumbuhan sektor di Industri makanan Indonesia kini telah mengalamin peningkatan. Hal ini berdampak pada UMKM CV. Sinar Dua Putra yang juga termasuk kedalam industri makanan khususnya bisnis makanan ringan yang memiliki persaingan cukup banyak dengan para kompetitor. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk merancang Business Model Canvas sebagai alat strategi yang dibutuhkan dalam mengatasi masalah yang dihadapi perusahaan serta mengembangkan bisnisnya agar kinerja dan kualitas yang dimiliki lebih baik dibandingkan perusahaan lain pada industri atau pasar yang sama.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi. Narasumber berjumlah 7 orang dari pihak internal dan eksternal perusahaan.

Berdasarkan hasil wawancara, Business Model Canvas pada kondisi existing secara garis besar dapat dikatakan cukup baik karena CV. Sinar Dua Putra mampu memenuhi 9 elemen blok. Setelah itu, dilakukan identifikasi mendalam terhadap Business Model Canvas yang ditinjau dengan Analisis SWOT. Selanjutnya peneliti melakukan Analisa Business Model Canvas yang ditinjau menggunakan Analisis SWOT. Hasilnya, Business Model Canvas pada kondisi internal perusahaan terdapat 9 elemen kekuatan dan 8 kelemahan, sedangkan pada kondisi eksternal perusahaan terdapat 8 elemen peluang dan 6 elemen ancaman. Selanjutnya dari pencocokan Matriks Tows diperoleh strategi yang mana 3 strategi prioritas bagi SDP adalah di bagian Value Propositions menambahkan variasi produk sebagai inovasi, mempertahankan kualitas dan produk dari CV. Sinar Dua Putra, dibagian Key Partnerships menambahkan mitra selain toko oleh-oleh, memperluas mitra bisnis melalui strategi online, dan yang terakhir dibagian Customer Segments memanfaatkan teknologi untuk memperluas target pasar dan konsumen, memaksimalkan kepuasan pelanggan ke konsumen tetap

Kata Kunci: UMKM, Business Model Canvas, Analisis SWOT, Matriks TOWS.

Subjek

1 ENTREPRENEURSHIP
Strategy business,

Katalog

Kajian Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Business Model Canvas (BMC), Analisis SWOT, Dan Matriks Tows Pada CV. Sinar Dua Putra
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SOSSA MUKTI NUGRAHA SAEPUDIN
Perorangan
Rina Djunita Pasaribu, Farah Alfanur
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • SM791064 - ENTREPRENEURSHIP

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini