PESAN KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL MELALUI E-COMMERCE PADA PELAKU USAHA MIKRO BATIK HASAN

SHALIMAR MEDIANA

Informasi Dasar

115 kali
23.04.2889
302.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Digitalisasi merambah ke semua sektor bisnis termasuk pemasaran. Oleh karena itu, para pelaku bisnis harus dapat memanfaatkan perubahan kebutuhan masyarakat agar dapat bersinergi dengan digitalisasi. Selain itu digitalisasi juga mempengaruhi kegiatan konsumsi masyarakat yang kemudian mendorong bisnis seperti Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) turut serta mengandalkan teknologi digital, terutama usaha mikro. Pelaku usaha mikro Batik Hasan yang merupakan salah satu UMKM mitra Rumah Kreatif BUMN (RKB) Bandung yang mulai menggunakan pemasaran digital di e-commerce. Pemasaran menggunakan e-commerce terutama bagi produk fesyen merupakan hal yang cukup potensial. Berdasarkan hasil publikasi Bank Indonesia, pemasaran produk fesyen memiliki volume transaksi tertinggi dengan persentase 26,41%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja pesan komunikasi dan bagaimana penyampaian Batik Hasan dalam melaksanakan pemasaran digital di e-commerce. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan paradigma interpretif yang membantu peneliti dalam menciptakan fakta dari perspektif yang berbeda. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara deskriptif kualitatif, observasi, dan dokumentasi terstruktur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Batik Hasan menyampaikan pesan komunikasi pemasaran digital di e-commerce dengan mempublikasikan informasi mengenai deskripsi produk dan konten edukasi. Selain itu, Batik Hasan juga menggunakan fitur untuk melakukan promotion campaign. Walaupun demikian, masih terdapat beberapa kekurangan di antaranya dalam melakukan penetapan STP dan pemilihan promotion campaign dengan tepat. Batik Hasan juga menyampaikan bahwa masih terdapat kendala dari segi SDM. Berdasarkan kekurangan tersebut, peneliti untuk dilakukannya penelitian lebih lanjut mengenai faktor yang menyebabkan pelaku usaha mikro sulit untuk melakukan penetapan STP dan cara penentuan promotion campaign di e-commerce bagi pelaku usaha mikro. Bagi Batik Hasan, peneliti menyarankan untuk dilakukan pengkajian ulang terhadap strategi penyampaian komunikasi pemasaran di e-commerce.

Kata Kunci : Pesan Komunikasi, Komunikasi Pemasaran, Pelaku Usaha Mikro, E- Commerce.

Subjek

ILMU KOMUNIKASI
COMMUNICATION MANAGEMENT,

Katalog

PESAN KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL MELALUI E-COMMERCE PADA PELAKU USAHA MIKRO BATIK HASAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SHALIMAR MEDIANA
Perorangan
Indra Novianto Adibayu Pamungkas
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini