Transfer Pricing merupakan harga yang ditetapkan atas pengalihan barang, jasa maupun harta tak berwujud antar satu perusahaan dengan perusahaan lainnya yang memiliki hubungan istimewa dengan berdasarkan prinsip kewajaran dan kelaziman. Transfer pricing dapat berkonotasi negatif apabila tidak dilakukan dengan berdasarkan prinsip kewajaran dan kelaziman (abuse transfer pricing). Hal tersebut dapat dilakukan dengan pengalihan terhadap penghasilan kena pajak kepada perusahaan yang memiliki hubungan istimewa untuk meminimalisasi beban pajak. Namun, praktik transfer pricing sebenarnya merupakan suatu praktik yang bersifat netral. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tax income, exchange rate, tunneling incentive, multinationality terhadap keputusan transfer pricing secara parsial maupun simultan pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2021. Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2021. Dengan teknik pemilihan sampel berupa purposive sampling, sampel yang dihasilkan sebanyak 8 perusahaan dengan periode penelitian 5 tahun sehingga mendapatkan 40 data observasi. Data yang digunakan merupakan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2021. Teknik analisis yang digunakan berupa analisis regresi data panel yang diuji dengan menggunakan Eviews12. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel tax income, exchange rate, tunneling incentive, multinationality berpengaruh secara simultan terhadap keputusan transfer pricing. Secara parsial tax income dan tunneling incentive berpengaruh negatif terhadap keputusan transfer pricing. Exchange rate tidak berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing. Multinationality berpengaruh positif terhadap keputusan transfer pricing. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian terkait dengan transfer pricing. Saran yang dapat diberikan yaitu memperluas objek penelitian dan menambah tahun penelitian agar data yang didapatkan lebih banyak dan hasil uji statistik serta hasil uji regresi data panel bisa jauh lebih baik.
Kata kunci: Tax income, exchange rate, tunneling incentive, multinationality, transfer pricing