Kegiatan operasional perusahaan memiliki dampak kepada pihak eksternal, sehingga diharapkan perusahaan tidak hanya berorientasi untuk mendapatkan keuntungan tetapi perusahaan juga harus memperhatikan aspek sosial dan lingkungan dengan menjalankan kegiatan corporate social responsibility (CSR). Namun pada kenyataannya pengungkapan corporate social responsibility masih tergolong rendah dan belum sepenuhnya diungkapkan. Pada perusahaan sektor barang baku yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018-2021 hanya mengungkapkan sebagian dari GRI Standards. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pengungkapan corporate social responsibility diantaranya yaitu gender diversity, risk minimization, media exposure dan profitabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gender diversity, risk minimization dan media exposure dengan variabel kontrol profitabilitas terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara simultan dan parsial pengaruh gender diversity, risk minimization dan media exposure dengan variabel kontrol profitabilitas terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan sektor barang baku yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018-2021. Metode penentuan sampel menggunakan non-probability sampling dan diperoleh 10 perusahaan dengan periode pengamatan empat tahun sehingga diperoleh 40 unit sampel. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gender diversity, risk minimization dan media exposure dengan variabel kontrol profitabilitas berpengaruh secara simultan terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Secara parsial risk minimization dan media exposure dengan variabel kontrol profitabilitas berpengaruh positif terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Sedangkan gender diversity tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian kembali dengan menggunakan variabel bebas atau indikator lain yang menjelaskan pengungkapan corporate social responsibility. Bagi perusahaan, diharapkan untuk lebih mengoptimalkan pengungkapan corporate social responsibility yang merupakan kewajiban perusahaan dalam menjalankan tanggung jawabnya sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Kata kunci: Gender Diversity, Risk Minimization, Media Exposure, Profitabilitas, Pengungkapan Corporate Social Responsibility.