Moment of Truth melalui Ulasan Konsumen Toko Artha Savana Digital di Tokopedia

ALIF FAUZI

Informasi Dasar

96 kali
23.04.3174
658.834 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pergeseran perilaku dari belanja secara konvensional menjadi belanja secara online akibat pandemi covid-19, salah satu e-commerce yang mendukung perilaku belanja online masyarakat yakni Tokopedia. Tujuan penelitian adalah untuk mengkaji bagaimana moment of truth melalui ulasan konsumen pada toko Artha Savana Digital  di Tokopedia. Penelitian ini menggunakan paradigma Interpretif dan pendekatan kualitatif untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Lokasi penelitian dilakukan secara luring dan daring, dengan melakukan kunjungan ke kantor Artha Savana Digital  di daerah Cikarang Barat dan melakukan telepon via Whatsapp.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa moment of truth yang terjadi pada ulasan adalah proses zero moment of truth. Posisi resepsi konsumen yang terdapat pada ulasan adalah hegemoni dominan, yang terjadi karena ulasan yang diberikan oleh pelanggan sebelumnya sesuai dengan yang ada pada deskripsi dan menyertakan foto asli yang telah diterima oleh konsumen. Resepsi konsumen sangat berdampak terhadap kelanjutan proses moment of truth. Konsumen yang memiliki hegemoni dominan akan lanjut ke first moment of truth, sedangkan jika konsumen memiliki resepsi negosiasi, konsumen akan melakukan tindakan untuk meyakinkan diri. Dapat disimpulkan bahwa proses zero moment truth melalui ulasan sangat menentukan dalam membangun persepsi konsumen pada toko Artha Savana Digital  di Tokopedia. Oleh karena itu, toko online harus memperhatikan ulasan dan memastikan bahwa ulasan yang diberikan sesuai dengan deskripsi dan menyertakan foto asli yang telah diterima oleh konsumen. Hal ini akan membantu meningkatkan kepercayaan konsumen dan membangun citra positif bagi toko online.

Subjek

ILMU KOMUNIKASI
CONSUMER SATISFACTION,

Katalog

Moment of Truth melalui Ulasan Konsumen Toko Artha Savana Digital di Tokopedia
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALIF FAUZI
Perorangan
Indra Novianto Adibayu Pamungkas, Miftahul Rozaq
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • KII4P4 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini