Perkembangan teknologi pada era modern saat ini terus membawa dampak besar bagi persaingan bisnis terutama di bidang teknologi yang semakin maju dan canggih, smartphone saat ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat, karena Pada umumnya orang membeli smartphone guna mempermudah serta membantu kegiatan sehari-hari dan pekerjaan terutama untuk siswa, siswa, guru, mahasiswa, dosen atau pekerjaan lainniat beli konsmumen dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain kualitas produk dan citra merek, hal ini bisa membuat produsen bersaing seiring meningkatnya pengguna smartphone. Namun berdasarkan perbandingan performa smartphone terbaik Yang dilakukan oleh AnTuTu Vivo berada di posisi ke 8 dan berdasarkan Top Brand Index pada tahun 2022 bahwa Vivo berada di tempat ke 5 setelah Samsung, Oppo, Iphone, Xiaomi.
Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap niat beli konsumen smartphone Vivo serta guna mengetahui pengaruh citra merek terhadap niat beli konsumen smartphone Vivo.
Metode yang difungsikan pada penelitian ini ialah metode kuantitaatif. Data diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner pada 385 responden yang menjadi sampel penelitian dengan memanfaatkan metode non-probability sampling, kemudian, data dianalisis dengan memanfaatkan teknik analisis deskriptif serta analisis regresi linear berganda. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukkaan jika Kualitas Produk berdampak signifikan positif terhadap Niat Beli dan Citra Merek signifikan positif terhadap Niat Beli smartphone Vivo. Hasil temuan yang ditemukan menjabarkan jika variabel Kualitas Produk (X1) dan Citra Merek (X2) mempunyai pengaruh terhadap Niat Beli (Y) sebesar 20,16%.