Abstrak
Situ Cileunca merupakan destinasi wisata alam yang dikelola oleh Disbudpar Kabupaten Bandung. Hal yang menarik dari Situ Cileunca adalah pemandangan perbukitan yang hijau dan hutan yang lebat serta hamparan danau yang luas. Kegiatan yang dilakukan seperti menaiki perahu kayu atau melakukan berbagai outbond training. Di akhir tahun 2022 pihak Disbudpar mulai fokus melakukan penataan fasilitas, salah satunya amphiteater yang dapat digunakan masyarakat untuk berkreasi. Berdasarkan kuesioner, dari 104 responden terdapat 57,7% yang mengetahui tentang Situ Cileunca, bahkan terdapat 76,9% dari jumlah responden yang belum pernah berkunjung ke Situ Cileunca. Dari berbagai potensi yang dimiliki, ternyata belum adanya iklan yang mempromosikan Situ Cileunca secara lengkap dan spesifik. Oleh karena itu, dengan adanya laporan ini diharapkan dapat terancangnya strategi promosi dan media visual yang tepat untuk Situ Cileunca, sehingga khalayak dapat mengetahui segala informasi mengenai Situ Cileunca. Metode yang digunakan dalam perancangan berupa observasi, kuesioner, wawancara, dan studi pustaka. Media utama pada perancangan ini dengan melakukan brand experience berupa event yang dapat dilaksanakan setiap seminggu sekali, sedangkan media pendukungnya berupa media sosial, media luar ruang, media cetak, dan merchandise. Dengan adanya perancangan strategi promosi ini, diharapkan dapat diimplementasikan oleh pihak Disbudpar dalam mempromosikan Situ Cileunca.
Kata Kunci: Promosi, Brand Experience, Event.
Abstract
Situ Cileunca is a natural tourist destination managed by the Bandung Regency Disbudpar. The interesting thing about Situ Cileunca is the view of the green hills and dense forest and a wide expanse of lake. Activities carried out such as boarding a wooden boat or doing various outbound training. At the end of 2022, the Disbudpar will begin to focus on arranging facilities, one of which is an amphitheater that the community can use to be creative. Based on the questionnaire, out of 104 respondents, there were 57.7% knew about Situ Cileunca, in fact, there were 76.9% of the respondents had never visited Situ Cileunca. Of the various potentials that it has, it turns out that there is no advertisement that fully and specifically promotes Situ Cileunca. Therefore, with this report, it is hoped that the right promotional strategy and visual media for Situ Cileunca can be designed so that the public can find all information about Situ Cileunca. The methods used in the design are observation, questionnaires, interviews, and literature study. The main media in this design is by conducting brand experience in the form of events that can be held once a week, while the supporting media are in the form of social media, outdoor media, print media, and merchandise. With the design of this promotion strategy, it is hoped that Disbudpar can implement it in promoting Situ Cileunca.
Keyword: Promotion, Brand Experience, Event.