MOTIF LIVESTREAMING DI TWITCH (Studi Fenomenologi Mengenai Motif Livestreaming para Livestreamer Twitch Indonesia)

RAFI MUSTHAFA

Informasi Dasar

197 kali
23.04.3631
302.231
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Video game live streaming adalah fenomena digital yang sedang berkembang di Indonesia. Bahkan, hal ini telah memberikan kontribusi kepada industri video game lokal sebagai sarana komersial dan peluang karir baru bagi para pegiatnya. Twitch merupakan situs video game live streaming terkemuka di dunia, namun ia merupakan platform yang paling sedikit digunakan oleh masyarakat Indonesia. Meskipun demikian, jumlah penggunanya di Indonesia terus bertambah, terutama di kalangan penyedia konten yang dikenal sebagai livestreamer. Minimnya popularitas dan pengguna Twitch di Indonesia memberikan dasar untuk memahami fenomena livestreaming dari sudut pandang produsennya. Apa yang memotivasi mereka untuk melakukan livestreaming, dan mengapa livestreamer Twitch Indonesia kerap memilih platform ini terlepas minimnya popularitas dan jumlah penggunanya di tanah air? Menggunakan metode kualitatif fenomenologi melalui wawancara mendalam dengan enam livestreamer Twitch Indonesia, hasil penelitian menemukan bahwa motif mereka untuk melakukan livestreaming berpusat pada adanya inspirasi dari seorang role-model, ketertarikan mereka pada konsep livestreaming dan esensi-esensi yang dapat dicapai dari aktivitas tersebut, serta keinginan untuk mengembangkan hobi dengan harapan untuk mencapai sebuah tujuan tertentu di masa depan (khususnya economic dan social capital). Selain itu, motif para livestreamer untuk memilih Twitch adalah karena adanya daya tarik yang dirasakan pada platform tersebut, seperti komunitas yang ada dan keunggulan layanan serta fiturnya.

Subjek

DIGITAL MEDIA
 

Katalog

MOTIF LIVESTREAMING DI TWITCH (Studi Fenomenologi Mengenai Motif Livestreaming para Livestreamer Twitch Indonesia)
 
x, 255p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAFI MUSTHAFA
Perorangan
Adi Bayu Mahadian
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • KII3K3 - BUDAYA DIGITAL
  • KII1K3 - KOMUNIKASI MASSA DAN MEDIA BARU
  • COH2I3 - MULTIMEDIA INTERAKTIF

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini