PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) PADA PLATFORM MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PURCHASE INTENTION STARBUCKS INDONESIA

MALVA DEANDRA PERKASA PUTRI

Informasi Dasar

235 kali
23.04.3788
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini, dari banyak industri yang mengalami perkembangan, toko kopi adalah salah satu yang paling cepat berkembang. Starbucks adalah salah satu tempat kopi yang paling disukai oleh generasi muda di Indonesia dari banyaknya tempat kopi yang ada. Starbucks Indonesia mengalami penurunan pendapatan di tahun 2020, tetapi kembali meningkat di tahun 2021, menunjukkan bahwa permintaan dan minat pelanggan terhadap produk Starbucks telah menurun. Oleh karena itu, penting bagi Starbucks untuk melakukan komunikasi melalui media sosial atau Electronic Word of Mouth (e-WOM) untuk membantu pelanggannya mendapatkan informasi yang berkualitas tinggi dan dapat diandalkan tentang produk. Dengan cara ini, Starbucks dapat meningkatkan Purchase Intention pelanggan Indonesia.

Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada 400 responden melalui Google Form. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan kausal kuantitatif, selain pengumpulan data melalui kuesioner. Penelitian ini menggunakan regresi linier berganda, yang diolah menggunakan program Windows SPSS 25.

Secara teoritis, penelitian ini digunakan untuk memperluas pemahaman kita tentang bagaimana e-WOM memengaruhi niat pembelian. Secara praktis, untuk penulis penelitian ini dijadikan pengetahuan, pengalaman, dan pedoman untuk penulisan proposal skripsi, untuk perusahaan, dapat dijadikann wawasan mengenai keterlibatan serta keputusan konsumen dalam melakukan pembelian sehingga dapat menentukan strategi promosi yang relevan dan efektif.

Masing-masing variabel independen e-WOM (Quality, Quantity, dan Credibility) berdasarkan hasil analisis deskriptif yang telah diperoleh, berada di kategori “Baik” dan variabel dependen yaitu Purchase intention atau Minat Beli berada di kategori “Baik”. Berdasarkan hasil analisis data yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa kualitas, kuantitas, dan kredibilitas e-WOM berdampak positif dan signifikan terhadap Purchase Intention.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi untuk perusahaan Starbucks Indonesia dalam menjaga dan meningkatkan kinerja perusahaannya dengan memberikan pelayanan yang terbaik serta memenuhi kebutuhan para pelanggannya.

Subjek

MARKETING MANAGEMENT
COMMUNICATION IN MARKETING,

Katalog

PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) PADA PLATFORM MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PURCHASE INTENTION STARBUCKS INDONESIA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MALVA DEANDRA PERKASA PUTRI
Perorangan
Osa Omar Sharif
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • EBI2H4 - MANAJEMEN PEMASARAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini