PENGARUH ONLINE REVIEW CUSTOMER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK WHITELAB DENGAN PERCEIVED EMPATHY DAN PERCEIVED COGNITIVE EFFORT SEBAGAI VARIABEL MODERASI

ANDIKA BAYU SETIAWAN

Informasi Dasar

94 kali
23.04.3793
658.834 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pekembangan teknologi internet saat ini semakin berkembang setiap harinya, membuat tren pemasaran dalam dunia bisnis pun ikut berkembang salah satunya yaitu munculnya tren social media marketing yang dimanfaatkan oleh perusahaan guna menarik perhatian pembeli, Whitelab merupakan salah satu perusahaan yang menggunakan strategi social media marketing untuk melakukan promosi produk-produknya, akan tetapi posisis penjualan Whitelab menempati posisi terendah jika dibandingkan dengan kompetitornya. Hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian salah satunya ulasan produk, Whitelab menerima beberapa keluhan terkait letidakpuasan atas kualitaa produk Whitelab yang tidak sesuai dengan ulasan produk sebelumnya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan empat dimensi ulasan produk untuk mengukur puchase decisions yaitu perceived reviewers emotion, perceived cognitive effort, perceived empathy, perceived product quality

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dimensi online review costumer yaitu perceived reviewers emotion terhadap purchase decisions dengan perceived cognitive effort dan perceived empathy sebagai variabel moderasi dan pengaruh perceived product quality terhadap purchase decisions

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tujuan penelitian ini yaitu kausal. Pengumpuan data dengan menggunakan metode non-probability sampling dengan tipe convience sampling sebanyak 400 responden pengguna Whitelab. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuisioner dengan skala ordinan dan teknik analisis data menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan bantuan software SmartPLS.

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa perceived review emotion berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap perceived product quality. Perceived cognitive effort dan perceived empathy memoderasi hubungan antara perceived review emotion dengan perceived product quality. Perceived product quality berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap purchse decisions.

Adapun saran dalam penelitian ini yaitu Whitelab perlu memperhatikan dan mempertahankan kualitas produk mereka sehingga konsumen memberikan ulasan terkait produk yang bagus dan membuat persepsi konsumen akan kualitas produk yang baik dan mampu meningkatkan keputusan pembelian konsumen
Kata kunci : perceived cognitive effort, perceived empathy, perceived product quality, peceived reviewers emotion,purchase decisions

Subjek

BUSINESS MARKETING
CUSTOMER RELATION MANAGEMENT,

Katalog

PENGARUH ONLINE REVIEW CUSTOMER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK WHITELAB DENGAN PERCEIVED EMPATHY DAN PERCEIVED COGNITIVE EFFORT SEBAGAI VARIABEL MODERASI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDIKA BAYU SETIAWAN
Perorangan
Teguh Widodo
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • EBI3L4 - MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN DAN KETERLIBATAN SOSIAL MEDIA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini