Potensi perkembangan pasar smartphone di Indonesia terus meningkat. Fenomena ini selaras dengan meningkatnya jumlah pengguna smartphone setiap tahun sehingga membuat para perusahaan smartphone skala global maupun lokal saling berkompetisi untuk menghadirkan beragam line-up smartphone yang dapat mengakomodir kebutuhan Masyarakat Indonesia meliputi segment entry level, mid-range, high-end, hingga line-up flagship sebagai representasi produk smartphone dengan inovasi teknologi terbaik yang dapat diberikan oleh suatu perusahaan kepada para pelanggannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor apa yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam memilih smartphone flagship berdasarkan user comments pada platform YouTube, untuk mengukur proporsi sentimen positif dan negatif konsumen dalam memilih smartphone flagship serta untuk mengidentifikasi faktor apa saja yang berkontribusi terkait dengan sentimen positif dan negatif dari smartphone flagship.
Subjek dalam penelitian ini adalah platform YouTube dengan objek penelitian Samsung Galaxy S22 Ultra, iPhone 13 Pro, dan Xiaomi 12 Pro. Penelitian ini melakukan pengambilan data user comments melalui platform YouTube dan analisis data menggunakan metode topic modeling dengan algoritma LDA serta sentiment analysis untuk menganalisis user comments terhadap produk Samsung Galaxy S22 Ultra, iPhone 13 Pro, dan Xiaomi 12 Pro.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih smartphone flagship adalah faktor harga, software, layar, kamera, dan performa. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa proporsi komentar dengan sentimen positif adalah sebesar 48% dan proporsi komentar dengan sentimen negatif adalah sebesar 52%. Hasil penelitian juga menunjukkan faktor yang berkontribusi terkait dengan sentimen positif dari smartphone flagship adalah performa, software, kamera, durability, dan layar sedangkan faktor yang berkontribusi terkait dengan sentimen negatif dari smartphone flagship adalah software, harga, kamera, layar, dan performa.
Hasil dari penelitian diharapkan dapat memberikan insight bagi pihak perusahaan mengenai product development dari smartphone flagship selanjutnya agar lebih sesuai dengan preferensi konsumen. Pihak perusahaan smartphone dapat meluncurkkan skema bundling produk wearable, accessories, aplikasi premium, dan upgrade layanan garansi. Selain itu, pihak perusahaan smartphone juga dapat memungkinkan para pengguna melakukan reverse ketika melakukan update software sebagai contingency plan.
Kata Kunci: Atribut Smartphone, Preferensi Konsumen, Sentiment Analysis, Topic Modeling, User Generated Content (UGC), YouTube