PERANCANGAN STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS PADA KERIPIK KENTANG BBC PANGALENGAN

MOCHAMAD RAFLI DWISANJANI

Informasi Dasar

129 kali
23.04.4199
658.472
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Industri mikro-kecil yang bergerak pada sektor makanan berperan sangat penting dalam
pertumbuhan ekonomi negara. Jumlah unit usaha yang terus muncul seiring dengan
perkembangan teknologi memaksa para pelaku usaha untuk memutar otak agar dapat
menghadapi persaingan pasar. Salah satu unit usaha yang masih berdiri dan terus mencoba
untuk mengembangkan bisnisnya dalah Keripik Kentang BBC. Home industry menitipkan
berbagai macam produk olahan kentang pada beberapa toko oleh-oleh dan rumah makan
di dekat pabriknya. Segmen pelanggan yang menjadi fokus Keripik Kentang BBC adalah
wisatawan yang datang berkunjung ke daerah Pangalengan, Jawa barat. Selama bertahun-
tahun, Keripik Kentang BBC menggunakan model bisnis yang sama dan tidak ada
perkembangan yang signifikan pada sisi produksi dan penjualan. Saat ini, Keripik Kentang
BBC mengalami beberapa masalah seperti kesulitan dalam memperluas area distribusi,
kerugian terhadap produk yang gagal terjual, serta pemasaran yang tidak efektif. Model
Business Canvas merupakan metode yang tepat untuk mengevaluasi permasalahan tersebut
karena membantu perancang strategi untuk melihat setiap komponen penting yang ada pada
model bisnisnya. Data yang dibutuhkan berupa model bisnis saat ini, customer profile, dan
Business Model Environment. Data yang diperoleh melalui wawancara dengan pengelola
Keripik Kentang BBC digunakan untuk analisis SWOT serta penyusunan matriks SWOT.
Langkah selanjutnya adalah perancangan strategi usulan, dan pencocokan antara customer
profile dengan value proposition canvas. Hasil rancangan dipetakan melalui Business
Model Canvas usulan. Setelah dilakukan analisis terhadap hasil rancangan, terdapat
perubahan terhadap model bisnis Keripik Kentang BBC. Pada blok customer segment,
dilakukan peningkatan terhadap pelanggan bisnis dan pelanggan individual. Potongan
harga dan bonus pembelian merupakan usulan yang diberikan terkait customer
relationship. Penambahan channel berupa media sosial dan toko e-commerce, serta jumlah
supplier kentang dan supplier plastik. Penggunaan internet menambah kegiatan bisnis,
yaitu promosi dan penjualan yang dilakukan secara online. Adapun sumber pendapatan
baru dari penjualan produk dengan varian berbeda. Blok key resources juga mengalami
perubahan dengan adanya penambahan mesin dan pembangunan tempat penyimpanan
bahan baku. Model bisnis yang baru tersebut membutuhkan biaya yang berlebih pada upah
pegawai namun dapat meringankan beban pada biaya bahan baku

Subjek

BUSINESS STRATEGY
 

Katalog

PERANCANGAN STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS PADA KERIPIK KENTANG BBC PANGALENGAN
 
xiv, 123p
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MOCHAMAD RAFLI DWISANJANI
Perorangan
Budi Sulistyo, Meldi Rendra
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini