PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP E-CUSTOMERLOYALTY MELALUI E-CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KONSUMEN APLIKASI BUKALAPAK DI KOTA BANDUNG

DEWI SUSILAWATI

Informasi Dasar

58 kali
23.04.4218
658.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi dan internet sudah sangat berkembang pesat, teknologi dan internet menjadi salah satu gaya hidup dalam masyarakat. Dengan adanya internet dapat memudahkan kegiatan masyarakat, termasuk kegiatan berbelanja. Dahulu masyarakat melakukan kegiatan berbelanja dengan datang langsung ke toko-toko yang tersebar di beberapa pusat perbelanjaan, namun sekarang dengan adanya akses internet masyarakat dapat berbelanja menggunakan beragam marketplace, website dan media sosial. Penilitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung e-service quality terhadap e-customer loyalty secara langsung melalui e-customer satisfaction sebagai variabel intervening pada aplikasi Bukalapak. Sejumlah 270 responden yang telah menggunakan aplikasi Bukalapak diambil sebagai sampel dengan metode non-probability sampling yaitu dengan purposive sampling. Responden diminta untuk memberikan persepsinya dalam lima skala-ordinal terhadap 25 butir penyataan. Seluruh indikator milik masing-masing variabel telah diuji validitas dan relibilitasnya.

Sebelum pengujian hipotesis dilakukan, kecocokan model diuji dengan sekumpulan uji kecocokan model. Empat hipotesis yang saling terkait membentuk sebuah model persamaan struktural (SEM) diuji sifnifikansinya dengan uji T dan kemudian diukur kekuatan pengaruhnya. Seluruh perhitungan untuk pengujian dilakukan dengan software Smartpls versi 3.2.9. Hasil penelitian ini menunjukan e- service quality berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap e-customer loyalty. E-customer satisfaction berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap e-customer loyalty. E-service quality berpengaruh secara tidak langsung yang positif dan signifikan terhadap e-customer loyalty melalui e-customer satisfaction. Dimensi e-service quality yang paling berpengaruh adalah Personal Needs. Penelitian ini merekomendasikan cara yang efektif untuk meningkatkan loyalitas pada industri e-commerce dan menguatkan model research tentang e- loyalty yang bersumber pada e-service quality.

Kata Kunci: E-Commerce, Bukalapak, E-Service Quality, E-Customer Satisfaction, E-Customer Loyalty.

Subjek

Marketing
 

Katalog

PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP E-CUSTOMERLOYALTY MELALUI E-CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KONSUMEN APLIKASI BUKALAPAK DI KOTA BANDUNG
 
xiv, 112p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DEWI SUSILAWATI
Perorangan
Teguh Widodo
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • SM662043 - MARKETING (PEMASARAN) BISNIS MEDIA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini