Pengembangan Bisnis pada UMKM Kwace Bali Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas (BMC)

MADE BAGUS PARAMARTHA DHARMA WIJAYA

Informasi Dasar

83 kali
23.06.503
658.81
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Kwace Bali merupakan UMKM yang bergerak dibidang Kain Tenun Tradisional yang berlokasi di denpasar bali, yang didirikan oleh ibu sari dewi pada tahun 2009, ketatnya persaingan pada industri kain tenun traditional dan menurun nya daya beli konsumen membuat penurunan pendapatan pada Kwace Bali. Oleh karena itu Kwace Bali melakukan usaha untuk meningkatkan penjualan produknya dengan cara melakukan pengembangan produk dan merubah pangsa pasar.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan produk sebagai upaya meningkatkan penjualan Kain Tenun Traditional pada Kwace Bali.

Teori yang digunakan yaitu teori bisnis model canvas yang terdiri dari 9 elemen yaitu: Proposisi Nilai (value Proposition), Segmen Pelanggan (Customer Segments), Saluran (Channels), Hubungan Konsumen (Customer Relationship), Kegiatan Utama (Key Activities), Sumber Daya (Key Resources), Mitra Utama (Key Partnership), Arus Pendapatan (Revenue Stream), Struktur Biaya (Cost Structure) dilanjutkan dengan analisis SWOT. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan business model canvas untuk memetakan model bisnis Kwace Bali. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi narasumber.

Dari hasil penelitian, penulis berhasil memperoleh gambaran model bisnis Kwace Bali yang sedang berjalan saat ini melalui wawancara. Selain itu, dengan melakukan analisis SWOT terhadap business model canvas yang ada, penulis menemukan kekuatan, kelemahan, ancaman, dan peluang yang dihadapi oleh Kwace Bali. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis berhasil membuat business model canvas yang baru untuk penyempurnaan strategi bisnis pada Kwace Bali yang dapat menjadi alternatif strategi dalam mengembangkan dan mempertahankan bisnis.

 

Kata kunci:  UMKM, Business Model Canvas, SWOT, Kwace Bali

Subjek

MANAJEMEN PEMASARAN
 

Katalog

Pengembangan Bisnis pada UMKM Kwace Bali Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas (BMC)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MADE BAGUS PARAMARTHA DHARMA WIJAYA
Perorangan
Rennyta Yusiana
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Manajemen Pemasaran
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • VPI2B4 - MANAJEMEN BISNIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini