Kota Bandung adalah salah satu kota yang sangat banyak memiliki tempat penginapan bagi orang-orang yang melakukan kegiatan wisata, berlibur serta melakukan kegiatan meeting di luar perusahaan. Tempat penginapan yang sesuai dengan keinginan pasti salah satu yang dicari dan dibutuhkan dalam melakukan kegiatan tersebut, salah satunya adalah Hotel. Hotel salah satu penginapan yang paling dicari sebagai tempat penginapan bagi orang-orang yang melakukan kegiatan wisata, berlibur serta melakukan kegiatan meeting di luar perusahaan mereka. Hotel memiliki peluang besar dalam proses pengembangan bisnis usaha penyediaan akomodasi yang menyediakan pelayanan penginapan serta kegiatan hiburan lainnya yang bersifat rekreatif secara komersial.
Tujuan dari penelitian ini untuk menentukan Strategi Pengembangan Bisnis Melalui Analisis Pengembangan STP (Segmenting, Targeting, Positioning) Dan BMC (Business Model Canvas Pada Lingian Hotel & Convention) Tahun 2023.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yang menceritakan dan menyampaikan situasi dan kondisi yang natural (alamiah), data yang dibutuhkan yaitu data primer dan sekunder dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Narasumber dari 3 informan pihak internal perusahaan
Berdasarkan hasil dari wawancara yang dilakukan dengan 3 informan penting pada Lingian Hotel & Convention mengenai Segmenting, Targeting dan Positioning pada kondisi eksisting secara garis besar sudah baik dan sesuai karena Lingian Hotel & Convention mampu memenuhi Segmenting, Targeting, dan Positioning yang ada secara lengkap. Setelah itu dilakukan identifikasi yang lebih dalam lagi mengenai Business Model Canvas yang ditinjau melalui analisis Segmenting, Targeting, dan Positioning. Hasilnya, dari analisis Segmenting, Targeting, dan Positioning yang dilakukan Lingian Hotel & Convention dapat memenuhi 9 elemen Business Model Canvas tersebut.
Kata Kunci : Segmentation,Ttargeting, Positioning, Bisnis Model Canvas, Kualitatif