Industri kopi di Indonesia memiliki Potensi yang besar, namun harus perlu digarap dan direncanakan secara optimal. Oleh karena itu, UKM harus memaksimalkan peluang tersebut. Rek Headquarters merupakan UKM yang sudah berjalan selama 4 tahun, Rek Headquarters memiliki beberapa permasalahan yang dihadapi. Pada faktor internal, Rek Headquarters mengalami penjualan yang sangat tidak stabil. Untuk faktor eksternal, terdapat persaingan yang membuat Rek Headquarters sulit bersaing di daerah Pekayon, Bekasi Selatan. Persaingan ini merupakan hambatan yang sangat nyata bagi Rek Headquarters.
Model Bisnis adalah sebuah alat untuk merumuskan strategi agar tetap kompetitif serta dapat bersaing dengan cara memetakan pada model bisnis Business Model Canvas (BMC) adalah cara untuk merumuskan strategi agar tetap kompetitif dan dapat bersaing dengan 9 element blok yang harus dipetakan dengan baik. 9 blok diantaranya yaitu Customer Segment, Value Proposition, Channels, Customer Relationship, Revenue Stream, Key Resource, Key Activities, Key Partners, Cost Structure. Melalui pendekatan ini, analisis yang digunakan ada SWOT, diaplikasikan dengan menganalisa empat aspek penting yaitu proporsisi nilai, Biaya dan Pendapatan, Inftrastruktur, dan hubungan pelanggan. Lalu strategi usulan bentuk dengan mempertimbangkan customer profile dari Rek Headquarters
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dengan analisa SWOT dan Melalui Business Model Canvas akan dipetakan strategi rekomendasi Rek Headquarters akan medapatkan rekomendasi usulan Business Model Canvas. Jika Rek Headquarters dapat menerapkan usulan tersebut, Rek Headquarters akan meningkatkan pendapatan.