Kemajuan pesat teknologi telah menghasilkan inovasi di berbagai industri, salah satunya industri transportasi. Gojek dan Grab telah muncul sebagai perusahaan besar yang menguasi pasar di Indonesian. Menurut measurable.ai, data pangsa pasar terkini menunjukkan bahwa Grab memiliki pangsa pasar yang lebih besar di Indonesia dibandingkan Gojek. Namun, menurut data dari Google Play Store, Gojek memiliki jumlah pengguna aktif harian yang lebih tinggi.Kesenjangan ini menimbulkan pertanyaan tentang hubungan antara pangsa pasar dan keterlibatan pengguna. Gojek dan Grab telah muncul sebagai perusahaan besar yang menguasi pasar di Indonesian. Menurut measurable.ai, data pangsa pasar terkini menunjukkan bahwa Grab memiliki pangsa pasar yang lebih besar di Indonesia dibandingkan Gojek. Namun, menurut data dari Google Play Store, Gojek memiliki jumlah pengguna aktif harian yang lebih tinggi. Kesenjangan ini menimbulkan pertanyaan tentang hubungan antara pangsa pasar dan keterlibatan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen pengguna dan topik yang dibahas dalam ulasan aplikasi Gojek dan Grab di Google Play Store. Dengan menggunakan IndoBERT untuk analisis sentimen dan BERTopic untuk pemodelan topik, penelitian ini memproses data untuk menghasilkan wawasan. Temuan menunjukkan bahwa terdapat 39,2% (2471) ulasan negatif dan 60,8% (3827) ulasan positif untuk Gojek. Sebaliknya, Grab mendapat sentimen positif sebesar 79,5% (4450) dan sentimen negatif sebesar 20,5% (1150). Analisis topik mengungkapkan ketidakpuasan pengguna Gojek terhadap pengalaman dan kualitas layanan, sementara pengguna Grab menyoroti akurasi titik penjemputan. Meskipun memiliki basis pengguna yang lebih besar, pengguna Grab menunjukkan kepuasan yang lebih tinggi.
Kata kunci: sentiment, topic modeling, kepuasan konsumen, ulasan.