ANALISIS SENTIMEN KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA TRANSPORTASI ONLINE PADA ULASAN GOOGLE PLAYSTORE MENGGUNAKAN INDOBERT DAN TOPIC MODELING (Studi kasus: Gojek dan Grab)

ANDHIKA NURRIZKY ALFAROBBY

Informasi Dasar

319 kali
23.04.4273
658.834 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kemajuan pesat teknologi telah menghasilkan inovasi di berbagai industri, salah satunya industri transportasi. Gojek dan Grab telah muncul sebagai perusahaan besar yang menguasi pasar di Indonesian. Menurut measurable.ai, data pangsa pasar terkini menunjukkan bahwa Grab memiliki pangsa pasar yang lebih besar di Indonesia dibandingkan Gojek. Namun, menurut data dari Google Play Store, Gojek memiliki jumlah pengguna aktif harian yang lebih tinggi.Kesenjangan ini menimbulkan pertanyaan tentang hubungan antara pangsa pasar dan keterlibatan pengguna. Gojek dan Grab telah muncul sebagai perusahaan besar yang menguasi pasar di Indonesian. Menurut measurable.ai, data pangsa pasar terkini menunjukkan bahwa Grab memiliki pangsa pasar yang lebih besar di Indonesia dibandingkan Gojek. Namun, menurut data dari Google Play Store, Gojek memiliki jumlah pengguna aktif harian yang lebih tinggi. Kesenjangan ini menimbulkan pertanyaan tentang hubungan antara pangsa pasar dan keterlibatan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen pengguna dan topik yang dibahas dalam ulasan aplikasi Gojek dan Grab di Google Play Store. Dengan menggunakan IndoBERT untuk analisis sentimen dan BERTopic untuk pemodelan topik, penelitian ini memproses data untuk menghasilkan wawasan. Temuan menunjukkan bahwa terdapat 39,2% (2471) ulasan negatif dan 60,8% (3827) ulasan positif untuk Gojek. Sebaliknya, Grab mendapat sentimen positif sebesar 79,5% (4450) dan sentimen negatif sebesar 20,5% (1150). Analisis topik mengungkapkan ketidakpuasan pengguna Gojek terhadap pengalaman dan kualitas layanan, sementara pengguna Grab menyoroti akurasi titik penjemputan. Meskipun memiliki basis pengguna yang lebih besar, pengguna Grab menunjukkan kepuasan yang lebih tinggi.

Kata kunci: sentiment, topic modeling, kepuasan konsumen, ulasan.

Subjek

BIG DATA
CONSUMER SATISFACTION,

Katalog

ANALISIS SENTIMEN KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA TRANSPORTASI ONLINE PADA ULASAN GOOGLE PLAYSTORE MENGGUNAKAN INDOBERT DAN TOPIC MODELING (Studi kasus: Gojek dan Grab)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDHIKA NURRIZKY ALFAROBBY
Perorangan
Herry Irawan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • EBI3B4 - BIG DATA AND DATA ANALYTICS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini