PENERAPAN THEORY OF REASONED ACTION DALAM MEMPREDIKSI PERILAKU KONSUMEN UNTUK MELAKUKAN MINAT PEMBELIAN ONLINE DI E-COMMERCE SHOPEE YOGYAKARTA

HADA YAMAL SHIDIQ RAMADHANI

Informasi Dasar

130 kali
23.04.4354
658.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Era globalisasi merupakan proses yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan saat ini. Tentunya dengan datangnya pandemi COVID-19 membawa perubahan yang signifikan pada globalisasi karena banyak hal yang perlu disesuaikan. Pertumbuhan e-commerce dan peningkatan aktivitas bisnis membuat permintaan logistik di Indonesia diperkirakan akan terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini dapat dibantu oleh pertumbuhan populasi, penggunaan internet dan meningkatnya daya beli masyarakat Indonesia. Namun, pandemi COVID-19 membawa tantangan bagi industri logistik, seperti keterlambatan pengiriman dan kenaikan biaya logistik dikarenakan kesulitan dalam pengiriman. Melihat permasalahan yang sering terjadi pada perusahaan logistik, Shopee sebagai perusahaan e-commerce mulai menyiapkan layanan logistik yang terintegrasi dengan layanan yang mereka miliki. Shopee berharap kesalahan yang sering terjadi pada perusahaan logistik yang dapat berdampak negatif atau dapat mempengaruhi attitude terhadap niat belanja online di Shopee sebagai penyedia layanan belanja online dapat teratasi. Shopee Express diharapkan dapat memperhatikan beberapa hal seperti delivery speed dan trust dalam penggunaan jasa logistik Shopee Express, dan Subjective Norm terhadap Online Purchase Intention.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, menggunakan teknik non probability sampling dengan total sampling sebanyak 100 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada konsumen yang pernah melakukan pembelian di e-commerce Shopee dan menggunakan jasa logistik Shopee Express. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah SEM-PLS dan diolah menggunakan Software SmartPLS 3.0.

Berdasarkan hasil analisis deskriptif, Variabel delivery speed berada pada kategori sangat baik, trust pada kategori baik, subjective norm pada kategori baik, attitude pada kategori baik, dan online purchase intention pada kategori baik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa berdasarkan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan ditemukan bahwa delivery speed dan trust masing-masing berpengaruh positif terhadap attitude, delivery speed dan trust masing-masing berpengaruh positif terhadap online purchase intention melalui attitude sebagai variabel intervening pada Shopee Express, dan subjective norm berpengaruh positif terhadap online purchase intention pada e-commerce Shopee.

 

Kata kunci: Delivery Speed, Trust, Attitude, Subjective Norm, Online Purchase Intention.

Subjek

BUSINESS MARKETING
 

Katalog

PENERAPAN THEORY OF REASONED ACTION DALAM MEMPREDIKSI PERILAKU KONSUMEN UNTUK MELAKUKAN MINAT PEMBELIAN ONLINE DI E-COMMERCE SHOPEE YOGYAKARTA
 
xiv, 106p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HADA YAMAL SHIDIQ RAMADHANI
Perorangan
Fauzan Aziz
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini