Meningkatnya jumlah pekerja wanita di Jakarta selama beberapa tahun terakhir ini didasari oleh banyaknya wanita yang ingin menjadi wanita karier untuk mempunyai penghasilan sendiri. Dalam kesehariannya saat bekerja, wanita karier juga memiliki kegiatan setelah bekerja seperti bertemu teman, kolega ataupun menghadiri event. Hal tersebut membuat wanita karier membutuhkan berbagai macam jenis pakaian dengan style yang berbeda sehingga dapat memudahkannya dalam membawa barang berlebih. Berdasarkan fenomena yang terjadi, convertible clothes adalah sebuah solusi dimana wanita karier dapat memakai satu busana yang memiliki berbagai tampilan sehingga dapat dipakai dalam berbagai kesempatan. Perancangan dari penelitian yaitu menggunakan material yang tidak mudah kusut sehingga memudahkan wanita karier dalam melakukan mobilisasi yang sesuai dengan karakteristik pekerja Jakarta yang cepat dan dinamis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik semi kuantitatif seperti studi literatur, wawancara, observasi, dan kuisioner. Hasil akhir dari penelitian ini yaitu membuat busana kerja dengan prinsip convertible clothes yang dapat digunakan di acara formal dan non formal dan mengaplikasikan teknik stitching sebagai elemen dekoratif. Perencanaan bisnis dari produk yang dihasilkan disusun menggunkan Business Model Canvas (BMC) yang sesuai dengan value dan kebutuhan dari target market.