Perancangan Ulang Fidget Toy Sebagai Alat Bantu Fokus Untuk Anak ADHD

MEGAWATI DEWI DARISMAN

Informasi Dasar

144 kali
23.04.4958
700
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

 

Anak ADHD kesulitan dalam proses belajar karena fokusnya sangat mudah terdistraksi dan akhirnya membuat rentang perhatiannya menjadi sangat singkat. Kadar dopamin yang rendah juga menyebabkan ADHD lebih sulit untuk fokus. Salah satu cara meningkatkan dopamin adalah dengan menggerakkan anggota tubuh walau hanya menggerakan tangan. Kegiatan menggerakan tangan untuk melepas perasaan gelisah dapat dibantu dengan fidget toy. Fidget toy biasa digunakan untuk terapi Autisme dan ADHD. Namun, anak ADHD memiliki kebutuhan dan preferensinya sendiri mengenai pemilihan fidget toy yang tepat. Penelitian ini bertujuan bagaimana merancang ulang fidget toy yang mampu meningkatkan fokus anak ADHD. Manfaatnya untuk membantu anak ADHD melakukan aktivitas yang membutuhkan konsentrasi lebih. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan studi kasus dan metode perancangan yaitu SCAMPER. Pengumpulan data melalui kajian pustaka berupa buku, jurnal, majalah, dan sheet. Lalu kajian empiris melalui wawancara dengan psikolog anak dan guru pendamping anak ADHD serta Ahli Material dan Media. Hasil penelitian berupa produk fidget toy yang sesuai dengan preferensi anak ADHD usia 6-10 tahun tipe inatensi dan kombinasi degan tingkat keparahan ringan sampai sedang.
Kata kunci: ADHD, Fokus, Anak, Fidget Toy, Mainan


 

Subjek

PRODUCT DESIGN - TOYS
 

Katalog

Perancangan Ulang Fidget Toy Sebagai Alat Bantu Fokus Untuk Anak ADHD
 
xiii, 95.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MEGAWATI DEWI DARISMAN
Perorangan
Martiyadi Nurhidayat, Nurul Fitriana Bahri
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Produk
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • DCI4E6 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini