Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tentang bagaimana sentimen opini masyarakat mengenai isu terkait sebelum maupun sesudah adanya sertifikasi halal Mixue. Masyarakat ramai menanggapi hal tersebut di media sosial Twitter hingga terbentuknya opini publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui opini publik dari isu sebelum dan sesudah adanya sertifikasi halal serta melihat perbandingan opini dari isu tersebut. Adanya opini pro dan kontra tersebut membuat peneliti melakukan social media monitoring menggunakan tools NoLimit yang mengandung kata kunci “Mixue”, “Halal”, dan “sebelum halal” dalam rentang waktu sebelum halal pada 28 – 30 Desember 2022 dan sesudah halal pada 16 – 20 Februari 2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan memakai paradigma konstruktivisme. Dalam mendapatkan data opini publik di media sosial Twitter, peneliti menggunakan platform NoLimit. Hasil dari social media monitoring yang dilakukan tersebut nantinya akan menghasilkan analisis sentimen yang dikategorikan ke dalam kategori positif, negatif dan netral. Hasil dari analisis sentimen sebelum halal menunjukkan 8 sentimen negatif, 7 sentimen netral, dan 0 sentimen positif. Sedangkan hasil dari analisis sentimen sesudah halal menunjukkan 348 sentimen netral, 116 sentimen negatif, dan 82 opini positif. Dalam melakukan proses social media monitoring dengan menggunakan platform NoLimit memudahkan penggunanya dan cukup memenuhi data yang dibutuhkan.
Kata Kunci: Analisis Sentimen, NoLimit, Sertifikasi Halal, Mixue, Twitter