Perkembangan Hotel Bisnis di Indonesia saat ini berkembang begitu pesat, khususnya di daerah Bandung
yang yang memiliki kontribusi tinggi dalam dunia perhotelan khususnya sebagai destinasi Meeting, Incentive,
Conferencing, and Exhibition (MICE). Adanya peningkatan bisnis perhotelan dapat dilihat dari okupansi kamar
atau tingkat hunian yang dalam waktu dua bulan terakhir berkisar hampir 80 persen. Business traveller
membutuhkan akomodasi hotel bisnis yang memberikan fasilitas bisnis yang berada di daerah setempat yang
mendukung kegiatan MICE dan mendukung aktivitas rekreasi di Bandung. Letak lokasi perancangan baru hotel
Golden Flower berada di daerah Ciumbuleuit yang berdekatan dengan pusat wisata daerah Bandung. Tujuan
perancangan hotel bisnis ini yaitu untuk memberikan suasana ruang kepada para pelaku bisnis dengan lebih
merepresentasikan karakteristik brand identitas dari Hotel Golden Flower yang dapat mendukung aktivitas pelaku
bisnis yang disesuaikan dengan kegiatan, perilaku dan kebutuhan para pelaku bisnis daerah setempat. Metode
perancangan yang digunakan berupa data primer yang didapatkan dari hasil studi lapangan, dokumentasi, dan
wawancara serta data sekunder didapatkan melalui kajian literatur. Konsep yang digunakan pada perancangan ini
yaitu Luxury in Simplicity yang menyesuaikan dengan visi misi dari hotel Golden Flower menginginkan
memberikan suasana yang berkualitas dan berbeda dari hotel lainnya dengan memperhatikan karakteristisk
pengguna yang biasanya berasal dari kalangan pebisnis dan non pebisnis.
Kata Kunci : Bisnis Hotel, Golden Flower, Brand identity, Luxury, Simplicity