ANALISIS KUALITAS LAYANAN SELULER APLIKASI TEKNOLOGI PENDIDIKAN MENGGUNAKAN PEMODELAN TOPIK DAN ANALISIS SENTIMEN (Studi Kasus: Ruangguru, Zenius, Quipper)

ACHMAD THARIQ

Informasi Dasar

216 kali
23.04.6001
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pendidikan merupakan sektor yang sangat penting dalam pembangunan masyarakat dan bangsa Indonesia. Di era digital, teknologi pendidikan telah memberikan dampak yang signifikan bagi negara ini. Namun, penggunaan platform pembelajaran mobile telah menjadi populer dan digemari di Indonesia. Perusahaan startup seperti Ruangguru, Zenius, dan Quipper telah mengembangkan pendidikan digital yang komprehensif, menawarkan berbagai materi pembelajaran, modul interaktif, dan forum. Kualitas layanan merupakan faktor penting dalam menentukan loyalitas dan kepuasan siswa terhadap platform pembelajaran mobile.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas layanan dari platform mobile learning seperti Ruangguru, Zenius, dan Quipper di Indonesia dengan menggunakan pemodelan topik dan analisis sentimen. Berdasarkan tujuan, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. mengungkapkan bahwa penelitian deskriptif adalah penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan secara mandiri keadaan atau nilai dari satu variabel atau lebih. Penelitian ini menggambarkan service quality pada ed-tech berdasarkan topic modeling dan sentiment analysis. Pada penelitian ini menggabungkan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif sekaligus yang dikenal sebagai penelitian campuran, sehingga dapat mengumpulkan data yang lebih teliti, akurat, dapat dipercaya, dan objektif.

Penulis melakukan pre-processing untuk memastikan data yang relevan dan sesuai untuk dianalisis. Penulis menggunakan Pemodelan Topik Ed-Tech dan Analisis Sentimen untuk mengklasifikasikan ulasan pengguna pada sembilan dimensi m-servqual. Data diberi label positif/negatif dan diklasifikasikan menggunakan metode Lexicon Based Approach (LBA). Para peneliti menggunakan pemrograman Python dan membagi data menjadi 70% data pelatihan dan 30% data pengujian. Penelitian dengan menggunakan pemodelan topik dan analisis sentimen menunjukkan bahwa Ruangguru, Zenius, dan Quipper memiliki sentimen positif terhadap kualitas layanan berdasarkan dimensi m-servqual. Ruangguru didominasi topik guru dan bagus, sedangkan Zenius didominasi topik ajar dan bagus serta Quipper didominasi topik quipper dan ajar. Analisis sentimen menunjukkan bahwa semua dimensi berjalan dengan baik di Ruangguru, Zenius, dan Quipper. Dimensi compensation RuangGuru sangat baik, sementara Zenius membutuhkan peningkatan dalam hal kontak serta Dimensi kontak dan penagihan Quipper perlu dievaluasi segera untuk kualitas layanan.

Kata Kunci: Classification Text, Edtech, Persepsi, Service Quality, Topic modelling.

Subjek

BIG DATA
 

Katalog

ANALISIS KUALITAS LAYANAN SELULER APLIKASI TEKNOLOGI PENDIDIKAN MENGGUNAKAN PEMODELAN TOPIK DAN ANALISIS SENTIMEN (Studi Kasus: Ruangguru, Zenius, Quipper)
 
x,72.:il.;pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ACHMAD THARIQ
Perorangan
Tri Widarmanti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • BM63A3 - BIG DATA DAN DATA ANALITIK
  • SM231023 - MARKETING MANAGEMENT
  • EBI3C3 - PERILAKU KONSUMEN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini