Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Perusahaan Halodoc di Kota Bandung

MUHAMAD FAZA BILHAQ

Informasi Dasar

172 kali
23.04.6218
174.4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi saat ini semakin pesat dan maju, tidak dapat dipungkiri perkembangan teknologi  kini telah merambah ke seluruh bidang kehidupan manusia. Dampak era digital juga terlihat pada perkembangan sektor kesehatan di Indonesia, khususnya pada masa pandemi Covid-19 yang meningkatkan permintaan terhadap layanan konsultasi melalui media elektronik. Hal ini merupakan peluang yang baik bagi platform medis di Indonesia, namun di sisi lain akan meningkatkan daya saing dari platform medis itu sendiri, perusahaan harus terus berupaya memberikan layanan yang terbaik. Halodoc merupakan salah satu platform medis yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui dan mengukur seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas palanggan pada aplikasi Halodoc di kota Bandung.

Dalam penelitian ini, pendekatan kuantitatif digunakan untuk penelitian deskriptif dan kausal. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini sebanyak 116 responden menggunakan teknik non-probability sampling. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan perangkat lunak IBM SPSS versi 26.

Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh variabel kualitas pelayanan secara keseluruhan sebesar 65,2% cukup baik. Variabel kepuasan pelanggan secara keseluruhan sebesar 69% termasuk dalam kategori benar. Selanjutnya variabel Loyalitas Pelanggan hingga 55,8% cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan pada aplikasi Halodoc secara parsial maupun simultan.

Kata Kunci: Pemasaran, Kualitas Pelayanan,Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

 

Subjek

ADVERTISING-MARKETING STRATEGY
Marketing magement,

Katalog

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Perusahaan Halodoc di Kota Bandung
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMAD FAZA BILHAQ
Perorangan
Rajiv Dharma Mangruwa
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • KBI452 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini