ABSTRAK
Transformasi digital telah menjadi topik yang sangat penting diadaptasi bagi dunia Pendidikan. Diera teknologi ini SMP Juara (SMP Juara Bandung dan SMP Juara Pekanbaru) sebagai lembaga Pendidikan yang berbasis social enterprice harus bisa berdaptasi dengan perubahan untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang inovatif, inklusif, berkelanjutan, dan berdaya saing tinggi, yang memberdayakan semua anggota komunitas pendidikan untuk berkembang secara holistik dan menghadapi tantangan masa depan dengan percaya diri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan memahami proses transformasi digital yang terjadi di sekolah berbasis social enterprise. yang berfokus pada tujuan sosial dan pemberdayaan masyarakat mengadopsi dan mengintegrasikan teknologi digital dalam operasional dan pembelajaran mereka.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berdasarkan pendekatan studi kasus, pengumpulan data penelitian dilakukan melalui observasi, wawancara semi terstuktur dengan 3 narasumber dari manajemen sekolah 2 narasumber dari Yayasan dan 1 orang dari expert.
Temuan penelitian ini menunjukan bahwa tranformasi digital di sekolah yang berbasis social enterprise tidak hanya berkaitan dengan penerapan teknologi saja, tetapi lebih tentang menciptakan budaya dan ekosistem yang mendukung pemanfaatan teknologi secara optimal untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pemberdayaan siswa, guru, dan seluruh anggota komunitas sekolah. Hasil penelitian ini akan memberikan sumbangan berharga untuk pemahaman tentang tranformasi digital dilingkungan Pendidikan yang berbasis social enterprise dan memberikan rekomendasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan implementasi transformasi digital di SMP Juara dan sekolah-sekolah lainnya.
Kata Kunci : Transformasi digital, digitalisasi sekolah, Sekolah Menengah Pertama.