Kelas Pintar merupakan solusi pendidikan berbasis teknologi yang didesain untuk meningkatkan pemahaman murid dalam memahami materi pelajaran dan memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas sumber saya manusia dengan acuan pendidikan terbaik untuk bangsa yang lebih baik. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan kinerja yang maksimal oleh karyawan. Maka dari itu, penulis melakukan penelitian dengan hipotesis bahwa terdapat pengaruh signifikan antara disiplin, kompetensi dan beban kerja terhadap kinerja pegawai Startup Kelas Pintar.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh disiplin, kompetensi dan beban kerja terhadap kinerja pegawai Startup Kelas pintar baik secara parsial maupun simultan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan proportionated stratified random sampling, dimana sampel yang diperoleh sesuai dengan porsi populasinya yaitu 168 orang. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling dengan Teknik Partial Least Square (SEM-PLS). Sementara analisis penelitian menggunakan analisis deskriptif, pembuatan path model, analisis dalam bentuk outer model, analisis inner model dan pengujian hipotesis.
Hasil dari penelitian membuktikan bahwa nilai path coefficient (original sample) untuk disiplin (X1) sebesar 0.440 atau 44%, kompetensi sebesar 0.344 atau 34,4% dan beban kerja sebesar 0.208 atau 20,8%. Sehingga dapat diartikan bahwa variabel disiplin, kompetensi dan beban kerja berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja karyawan.